Berita Pangkalpinang

Dapat Opini WTP dengan Sejumlah Catatan, Gubernur: Bukan Dicubit BPK, Senggol Sayang Saja

Meski mendapatkan WTP, Gubernur Babel Erzaldi Rosman sempat menegur jajarannya pada paripurna tersebut

Dapat Opini WTP dengan Sejumlah Catatan, Gubernur: Bukan Dicubit BPK, Senggol Sayang Saja
(BANGKA POS / DEDY Q)
Penyampaian LHP LKPd 2018 dari BPK RI Perwakilan Babel kepada Gubernur Babel Erzaldi Rosman pada sidang paripurna DPRD Babel, Jumat (21/6/2019). 

BANGKAPOS.COM--Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2018.

Opini WTP kedua pemprov ini disampaikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung pada sidang paripurna DPRD Babel, Jumat (21/6/2019) siang.

Meski mendapatkan WTP, Gubernur Babel Erzaldi Rosman sempat menegur jajarannya pada paripurna tersebut.

Dia menyampaikan pihaknya bersyukur atas opini WTP tersebut, namun sejumlah penekanan tetap harus menjadi perhatian jajarannya karena adanya sejumlah catatan BPK atas LKPD Pemprov Babel 2018.

"Saya sebetulnya tadi sudah menyiapkan sambutan, tetapi karena tadi sudah di-stressing Pak Widhi (Kepala BPK RI Perwakilan Babel) urung saya membacakan sambutan. Malu juga saya, tetapi tidak apa-apa Pak Widhi. Ini cubitan untuk kita semua, tidak hanya untuk kepala-kepala OPD, tetapi secara tidak langsung saya sebagai pemimpin harus bertanggung jawab atas apa yang disampaikan tadi," kata Erzaldi dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Babel itu menyebut catatan-catatan yang diberikan BPK sudah menjadi perhatian pihaknya. Pemprov Babel kata dia juga sudah menuju ke arah perbaikan.

Misalnya, mewajibkan pejabat eselon III dan IV untuk memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa agar tidak ada lagi alasan mereka tidak menjadi PPK atau PPTK.

Di dinas pendidikan, pihaknya sudah mensosialisasikan dan melatih penerapan SIMDA agar diterapkan pada laporan keuangan 2019. Diharapkan pula insektorat lebih bekerja keras setiap tahunnya.

Mantan Bupati Bangka Tengah itu bahkan menyebut ia telah memberikan Surat Peringatan kepada dua OPD di Pemprov Babel. Tak disebutkan OPD mana yang dimaksud.

"Saya bersyukur apa yang disampaikan Pak Widhi tadi, dan memang itulah kondisi apa adanya. Dan ini tidak boleh disembunyi-sembunyikan, dan memang harus disampaikan," ucap Erzaldi.

Halaman
1234
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved