Ingin Uang Tunai Jutaan Rupiah Ikuti Lomba Kebun Lada, Ini Syaratnya

Masyarakat petani di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkesempatan mendapatkan uang jutaan rupiah.

Ingin Uang Tunai Jutaan Rupiah Ikuti Lomba Kebun Lada, Ini Syaratnya
Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Ingin uang tunai jutaan rupiah ikuti lomba kebun lada, ini syaratnya 

BANGKAPOS.COM - Masyarakat petani di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkesempatan mendapatkan uang jutaan rupiah. Syaratnya mudah yakni, memiliki kebun lada (sahang) dan mengikuti kegiatan lomba kebun lada. Selain berpeluang mendapat uang hadiah, petani lada dapat berbagi ilmu bertanam lada.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman menjelaskan, semua petani boleh mengikuti lomba kebun sahang ini. Luas kebun yang dilombakan minimal 0,5 hektare atau sekitar seribu rumpun/junjung sahang. Adapun usia taman sahang minimal sudah sekitar dua tahun.

"Kebun sahang yang dilombakan tersebut dalam satu hamparan. Petani yang ingin ikut lomba bisa menghubungi para penyuluh pertanian yang ada di desa. Total hadiah lomba ini Rp25.750.000," kata Kadiskominfo Sudarman, Jumat pagi (21/6/2019).

Setelah menginformasikan kebun sahang yang ingin dilombakan kepada penyuluh pertanian, jelas Kadiskominfo Sudarman, selanjutnya penyuluh akan membantu petani mendaftar ikut lomba kebun sahang ini. Kebun sahang petani akan difoto, kemudian foto diserahkan ke panitia.

Selain menyerahkan foto kebun sahang, kata Kadiskominfo Sudarman, juga informasikan nama pemilik kebun serta lokasi kebun sahang tersebut. Setelah itu, bisa dikirimkan ke panitia melalui WhatsApp. Cara lainnya, menyerahkan lembaran foto berwarna biasa minimal ukuran postcard.

"Foto itu dikirim ke PPL desa. Selain pemerintah pusat dan pemerintah daerah, kegiatan ini didukung DRI, BPTP, Koperasi Lada, AELI. Kita sudah menyebarkan spanduk maupun baliho untuk menginformasikan kegiatan ini," jelas Kadiskominfo Sudarman.

TAHAPAN LOMBA

1. Petani mendaftarkan kebun sahangnya ke PANITIA Dewan Rempah Indonesia Nomor kontak (WhatsApp) 0813 7309 6139

2. PPL desa meninjau lapangan dan langsung menilai dengan menggunakan skor yang dibuat oleh PPL sendiri sehingga tiap desa akan diperoleh minimal satu kebun dan maksimal sembilan kebun/petani untuk mewakili desa

3. Kegiatan 1 dan 2 berlangsung hingga 31 Juli 2019

4. Hasil penilaian PPL di tingkat desa dengan kretaria dan rangkingnya dikirim melalui WA dan penjelasannya ke kepala BPP atau hasil printnya

5. BPP akan menyeleksi melihat di lapangan sehingga diperoleh beberapa kebun dengan peringkatnya(1 atau 9 kebun) dikirim ke tim penilain tingkat kabupaten (tim dibentuk oleh kadis pertanian/DRI kabupaten kalau ada)

6. Kabupaten hasil dari BPP mengadakan peninjauan ke lapangan sehingga menghasilkan 3 katagori, 3 rangking akan di kirim ke panitia penilai tingkat provinsi melalui WhatsApp/print ke ketua panitia, sekretaris dan ketua tim penilai.

7. Tim provinsi mengadakan penilaian ke lapangan dan menetapkan rangking tiap katagori. Keputusan tim tidak dapat di ganggu gugat.

8. Juara akan diumumkan pada acara khusus bertempat di salah satu kebun terbaik, pada tanggal 22 November 2019 dalam rangka memperingati hari jadi provinsi Bangka Belitung dan Hari Ulang Tahun (HUT) diresmikannya SRGS LADA Bangka Belitung

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved