Berita Sungailiat

Mulkan Sebut Sistem Zonasi Agar Tak Ada Sekolah Favorit

Selama ini yang menjadi faktor siswa putus sekolah satu diantara jarak sekolah dan kediaman siswa jauh

Mulkan Sebut Sistem Zonasi Agar Tak Ada Sekolah Favorit
Dokumentasi Bangka Pos
Suasana PPDB Tahun Ajaran 2018/2019 di SMAN 1 Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM -- Bupati Kabupaten Bangka Mulkan mengatakan tujuan dilaksanakan sistem zonasi agar tidak ada istilah sekolah favorit, namun semua sekolah bisa sama dan memiliki siswa sesuai zona tempat tinggalnya dengan sekolah.

"Selama ini ada sekolah yang favorit, dan ada yang tidak semua favorit kadang masyarakat lebih berkeingin ke sekolah favorit, tujuan pemerintah dengan zonasi, bukan hanya satu sekolah, tetapi rata rata semua sekolah, sehingga tidak ada kesenjangan di buatlah secara zonasi untuk mempermudah masyarakat kita,"ujar Bupati Bangka Mulkan kepada bankapos.com, Jumat (21/6/2019).

Ia menambahkan, selama ini yang menjadi faktor siswa putus sekolah satu diantara jarak sekolah dan kediaman siswa jauh, sehingga diharapkan dengan sistem zonasi tidak menjadi alasan untuk tidak bersekolah.

"Selama ini ada alasan karena jauh dari tempat tinggal, sehingga di buat secara zonasi, agar kendala anak putus sekolah karena jarak yang jauh tidak ada lagi, itu tujuan pemerintah,"lanjutnya

Selain itu, sambungnya ia menegaskan untuk prioritaskan untuk sistem zonasi diterapkan oleh sekolah, agar semua siswa dan sekolah mendapatkan siswa sesuai dengan zonanya.

"Jadi secara prioritas ada tiga kategori secara prestasi, nilai, saya perintahkan kepada dinas pendidikan prioritaskan yang zonasi, katakanlah bila ada yang mendaftar, silakan sebagai daftar tunggu, bila sesuai zonasi belum penuh, boleh di masukkan jalur lainya,"tukasnya.

(Bangka Pos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved