Berita Pangkalpinang

Potensi PAD Babel Masih Perlu Digali

Fery menjelaskan, jika tahun lalu, realisasi PAD mencapai Rp 850 miliar maka tahun ini pihaknya menargetkan realisasi melebihi Rp 900 miliar.

Potensi PAD Babel Masih Perlu Digali
(BANGKA POS / DEDY Q)
Kepala Bakeuda Babel Fery Afriyanto 

BANGKAPOS.COM--Kepala Badan Keuangan Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Fery Afriyanyo mengklaim, porsi PAD pada APBD Babel sudah lebih dari 30 persen. Pada tahun ini diketahui APBD Babel adalah sebesar Rp 2,8 Triliun.

Fery menjelaskan, jika tahun lalu, realisasi PAD mencapai Rp 850 miliar maka tahun ini pihaknya menargetkan realisasi melebihi Rp 900 miliar.

"Pada 2020, target kami insyaallah Rp 1 Triliun. Ini realistis dengan usaha dan koordinasi yang baik," kata Fery, Jumat (21/6/2019).

Didampingi KPK dan lemaga terkait, Pemprov Babel tengah membahas potensi-potensi lain pendapatan yang perlu digali, satu di antaranya adalah retribusi.

30 Orang Tewas Akibat Pabrik Mancis Terbakar, Pabrik Selalu Dikunci saat Pekerja Merakit

Bocah 11 Tahun Ikut Terbakar Bersama Ibunya di Pabrik Korek Api

Pihaknya juga perlu mengatasi sejumlah kendala di lapangan terkait upaya pencapaian target ini.

"Kalau Babel sudah di atas 30 persen, itu porsi PAD dalam APBD. Optimalisasi pendapatan yang sedang kami bahas adalah terkait potensi-potensi pendapatan yang masih bisa digali, salah satunya itu adalah retribusi," kata Fery.

Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya retribusi, yang belum menggembirakan juga sempat disampaikan Sekda Babel saat menjadi pembina apel mingguan, pekan lalu.

"Retribusi ini sebetulnya sudah melebihi pendapatan tahun sebelumnya, cuma memang target yang ditetapkan belum tercapai," kata Fery.

Target retribusi yang dikelola Pemprov Babel tahun ini sekitar Rp 12 miliar. Setelah enam bulan, pihaknya akan mengevaluasi realisasi pencapaian target ini.

Ada kinerja beberapa dinas yang dinilai sudah baik, namun beberapa di antaranya belum. "Yang belum mencapai target ini yang perlu kami tekankan, misalnya di Dinas Kelautan dan Perikanan," ujarnya.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Tags
pad babel
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved