Kembangkan Pariwisata, Pemkab Bateng Gandeng Damri Bentuk Layanan Rute Pariwisata Satu Arah

(Disperkimhub) Bangka Tengah (Bateng) bekerja sama dengan DAMRI membentuk Konsep pariwisata satu arah.

Kembangkan Pariwisata, Pemkab Bateng Gandeng Damri Bentuk Layanan Rute Pariwisata Satu Arah
IST/DISHUB BATENG
Dishub dan Damri survei rencana trayek angkutan pariwisata di Danau Kaulin, Jumat (21/9/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Perumahan, Pemukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Bangka Tengah (Bateng) bekerja sama dengan DAMRI membentuk Konsep pariwisata satu arah. 

Hal ini dilakukan dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata di Bateng.

General Manager (GM) Cabang Pangkalpinang, Darman mengatakan program ini dilakukan menggunakan bus Damri sebagai transportasi wisata.

Pemkab Bateng menciptakan rute satu arah yang dimulai dari alun-alun Merdeka (ATM) pangkalpinang - Pangkalan Baru - Hutan Pelawan Desa Namang - Wisata Mangrove dan Pulau Ketawai Desa Kurau -  Kembang kemilau Desa Arung Dalam - Danau Kaolin Desa Nibung. 

General Manager (GM) Cabang Pangkalpinang, Darman mengatakan, rute pariwisata ini nantinya hanya dibuka saat akhir pekan yakni hari Sabtu dan Minggu.

"Untuk saat ini kita rencanakan fokus di hari libur saat weekend saja, namun untuk tahap percobaan kita gunakan 2 unit bus dengan dengan 2 kali trip (Pulang Pegi), bila memang antusiasme warga tinggi, baru akan kita tambah menjadi 4 unit," ujar Darman.

Terkait harga yang ditawarkan, Darman mengatakan akan mengenakan biaya tarif kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu/ PP, dengan harga tersebut para wisatawan sudah bisa menikmati perjalanan ke beberapa spot pariwista dari pulang hingga pegi dengan menggunakan fasilitas bus full AC.

Sementara itu, Kabid Perhubungan Disperkimhub Bateng, Fani Hendra Saputra menjelaskan, program pengembangan wisata satu arah mengggandeng pihak
DAMRI adalah upaya pemerintah dalam mengembangkan transportasi pariwisata yang ada di Bangka Tengah.

"Untuk paket reguler, target kita adalah wisatawan lokal, namun bila wisatawan luar yang ingin menikmati wisata di bateng, pihak DAMRI sudah menyiapkan bis carteran. Dengan program ini kami berharap bisa membuat parawisata di Bangka Tengah menjadi primadona, serta menjadi destinasi utama wisatawan lokal," Tandasnya

(*/bangkapos.com/evan saputra).

Penulis: Evan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved