Breaking News:

Data di Dukcapil Bangka Bisa Dimanfaatkan Untuk Penerimaan Siwa Baru di Sekolah

Kabid Pelayanan, Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka, Agus Supriyatna, mengatakan

Penulis: Riki Pratama | Editor: Evan Saputra
Tribunnews.com
Ilustrasi PPDB 

Data di Dukcapil Bangka Bisa Dimanfaatkan Untuk Penerimaan Siwa Baru di Sekolah

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kabid Pelayanan, Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka, Agus Supriyatna, mengatakan, sistem zonasi yang digunakan pihak sekolah dalam penerimaan siswa baru bisa memanfaatkan data dari Dukcapil.

"Sebaiknya sistem zonasi yang di pake pihak sekolah menggunakan dokumen kependudukan seperti KK, KTP elektronik dan KIA, yang sudah bersifat permanen atau dengan metode pemanfaatan data Dukcapil, sehingga kecil peluang pemalsuan tanggal penerbitan dokumen tersebut," ungkap Agus kepada wartawan, Senin (24/6/2019).

Ia menambahkan untuk keterangan lainya, seperti surat keterangan domisili merupakan bukan produk Dukcapil dan hanya bersifat sementara saja.

"Sedangkan surat keterangan domisili bukan produk dinas dukcapil dan surat keterangan domisili bersifat sementara, tidak permanen. Selain itu dokumen kependudukan diterbitkan secara sistim, kecil kemungkinan di palsukan, sedangkan surat keterangan domisli dibuat secara manual,"lanjutnya.

Selain itu, ia mengatakan terkait persoalan keseimbangan antara ruang dengan pelamar masuk sekolah, menurutnya, pihak sekolah bisa memakai data kelompok umur usia yang didapat dari Dukcapil nantinya.

"Masalah ketidak seimbangan antara ruangan dan pelamar masuk sekolah, itu kewenangan Diknas yang menentukan zonasi sekolah dengan tempat tinggal penduduk, artinya Diknas bisa bekerja sama dengan Dukcapil memakai data kelompok umur usia sekolah yang didapat dari Dukcapil dan mungkin ketersidaan sekolah tidak berimbang dengan pertumbuhan, pesebaran penduduk akibat kelahiran dan mutasi penduduk, karena mutasi penduduk setiap waktu, hari tetap berjalan,"tukasnya (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved