Berita Pangkalpinang

Dinkes Pastikan Masyarakat Pangkalbalam Mengidap Skabies dan Radang Kulit

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Babel mengaku sudah mengambil spesimen dari penyakit gatal-gatal yang dialami warga Pangkalbalam

Dinkes Pastikan Masyarakat Pangkalbalam Mengidap Skabies dan Radang Kulit
Bangkapos.com/Resha Juhari
Warga Pangkallarang mendapat perawatan medis dari akibat terkena serangan wabah ulat bulu, Selasa (11/6/2019) dari Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bangka Belitung (Babel), pekan lalu mengatakan mereka sudah mengambil spesimen dari penyakit gatal-gatal yang dialami oleh masyarakat Pangkalbalam.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dikes Babel Rais Haru, mengatakan jika dikarenakan keterbatasan alat yang dimiliki oleh Dinkes Babel, sehingga sampai saat ini Dinkes belum bisa melihat jelas penyebab gatal-gatal yang dikeluhkan oleh warga.

Oleh karena itulah Dinkes bekerjasama dengan dokter spesialis kulit, dan ditemukan bahwa penyebab gatal-gatal tersebut adalah disebabkan oleh skabies dan dermatitis (radang kulit).

"Dokter spesialis kulit sudah memastikan bahwa ada dua macam penyakitnya, yang paling banyak itu skabies, dan yang kedua adalah dermatitis atau radang kulit," ujar Rais, Senin (24/5) saat ditemui di ruang kerjanya.

Sebelumnya Rais pernah menjelaskan jika skabies disebabkan oleh kutu yang disebabkan oleh lingkungan yang kurang bersih, penyakit ini tidak bisa sembuh dengan sendirinya atau harus diobati, dan penyakit ini adalah jenis penyakit yang menular.

Sedangkan radang kulit bisa disebabkan oleh beberapa sebab, seperti alergi, bakteri, dan jamur. Dan penyakit ini bisa menular bisa juga tidak, tergantung penyebab awalnya. Jika disebabkan oleh jamur, maka penyakit ini bisa menular. Namun Rais menambahkan jika penyakit ini bukan penyakit yang berbahaya.

"Tapi intinya semua penyakit ini tergantung dengan lingkungan," pungkas Rais.

(Bangkapos/Muhammad Rizki/R1)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved