Berita Pangkalpinang

Meriahnya Pembukaan Apresiasi GTK PAUD Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019 di Babel

Seluruh provinsi di Indonesia mengirimkan kontingennya pada acara yang bakal digelar hingga Jumat (28/6/2019).

Meriahnya Pembukaan Apresiasi GTK PAUD Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019 di Babel
(BANGKA POS / DEDY Q)
Kemeriahan pembukaan acara Apresiasi GTK PAUD Berprestasi dan Berdedikasi tingkat Nasional tahun 2019 di Alun-alun Taman Merdeka (ATM), Pangkalpinang, Senin (24/6/2019). 

BANGKAPOS.COM-- Pembukaan acara Apresiasi GTK PAUD Berprestasi dan Berdedikasi tingkat Nasional tahun 2019 di Alun-alun Taman Merdeka (ATM), Pangkalpinang, Senin (24/6/2019).

Seluruh provinsi di Indonesia mengirimkan kontingennya pada acara yang bakal digelar hingga Jumat (28/6/2019).

Masing-masing kontingen tampak menyajikan keunikannya masing-masing. Mereka mengenakan pakaian adat, menyajikan kesenian, dan mempersembahkan budaya masing-masing saat defile di acara pembukaan.

Beberapa yang tampak menarik di antaranya adalah Provinsi DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Provinsi Papua Barat. Penampilan mereka tampak menghibur dan menyapa para undangan yang ada di tenda acara.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung M. Soleh mengatakan, acara ini adalah program penganugerahan bagi guru dan tenaga pendidikan di PAUD Pendidikan Masyarakat yang telah mengabdikan diri dan berperan aktif dalam pengajaran dan pengelolaan PAUD dan Dikmas. Ini adalah apresiasi yang ke-13 kalinya digelar oleh Kemendikbud, dan Babel adalah tuan rumahnya.

"Tujuannya sebagai wadah bagi para GTK Paud dan Dikmas untuk, saling tukar ilmu, bertukar wawasan, peningkatan kompetensi, menjalin silaturahim dari 34 provinsi, serta mengokohkan persatuan dan kesatuan," kata Soleh.

Acara akan diisi dengan berbagai lomba dan pameran. Ada 445 peserta lomba dari 22 kategori apresiasi yang akan diberikan, yakni terdiri dari 11 kategori lomba pendidik perseorangan, enam kategori lomba pengeloa pendidikan perseorangan, empat kategori lomba pendidik dan tenaga pendidikan daerah khusus, dan satu kategori lomba kelompok.

Total ada sekitar 1200 orang dari berbagai provinsi yang hadir pada kegiatan. Selama pelaksanaan yang dimulai hari ini hingga 26 Juni 2019, penilaian presentasi peserta akan dilakukan di lima hotel di Kota Pangkalpinang, yaitu Hotel Santika, Novotel, Swiss Bell, Soll Marina, dan Sahid Bangka Hotel.

Pada saat bersamaan juga diselenggarakan lomba kelompok pentas seni dan pameran pendidikan dan kebudayaan di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang. Kegiatan pameran diikuti oleh satuan kerja Kemendikbud, PP/BP PAUD dan DIKMAS, SKPD setempat, dan Asosiasi Profesi PAUD dan Pendidikan Masyarakat.

Bagi para pemenang pada kegiatan ini, pemerintah akan mengirimkan ke luar negeri untuk mendapatkan kursus singkat sesuai dengan kompetensinya.

"Bagi para peserta yang diberangkatkan ke luar negeri diharapkan dapat memberikan imbas positif kepada GTK PAUD dan Pendidikan Masyarakat di daerahnya masing-masing,” kata Soleh.

Acara dibuka oleh Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, Dirjen Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbud RI Supriano, Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen), dan sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Babel.

Acara resmi dibuka dengan penabuhan beduk.

(bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved