Berita Bangka Selatan

Penyebab Bangka Selatan Gagal Raih Opini WTP, Mulai dari Pengelolaan Aset hingga Dana BOS

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2018 yang menyandang predikat (WDP) dari BPK disebabkan beberapa faktor

Penyebab Bangka Selatan Gagal Raih Opini WTP, Mulai dari Pengelolaan Aset hingga Dana BOS
Bangka Pos/IST
Ilustrasi - Photo Bersama saat Penerimaan WTP APBD 2016-2018 

BANGKAPOS.COM - Plt Kepala Inspektorat Pemkab Bangka Selatan Marpaung menyebut, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2018 yang menyandang predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK disebabkan beberapa faktor.

Diantarnya terkait permasalahan pengelolaan aset dan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Atas permasalahan tersebut, BPK RI merekomendasikan beberapa langkah perbaikan berupa penelurusan mutasi tambah kurang aset dan penelusuran pengelolaan Dana BOS.

"Pada pengelolaan Dana BOS yang diterima langsung oleh Sekolah, didalamya juga terdapat belanja modal, yang seharusnya dilaporkan oleh Kepala Sekolah dan dicatat menjadi aset Pemda," ujar Marpaung, di kantornya, Senin (24/6/2019)

Selain itu BPK RI juga menyoroti adanya kelalaian PPK Kegiatan Fisik / Konstruksi dan Konsultan Pengawas, sehingga terjadi kekurangan volume atas beberapa pekerjaan fisik / konstruksi pada beberapa OPD. Atas kekurangan volume tersebut, rekomendasi BPK RI berupa pengembalian ke Kas Daerah.

"Sesuai arahan Wakil Bupati, sehubungan dengan LHP BPK ini, Inspektorat akan segera mempersiapkan surat-surat dan berkas l Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) atas LHP BPK RI, yang nantinya akan ditandatangani Bupati," bebernya.

(Bangka Pos/Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved