Berita Pangkalpinang

PMI Pangkalpinang Kumpulkan 180 Kantong Darah di Welhelmina Park

PMI Kota Pangkalpinang berhasil mengumpulkan 180 kantong darah dalam kegiatan donor darah massal

PMI Pangkalpinang Kumpulkan 180 Kantong Darah di Welhelmina Park
(Bangkapos.com/Edwardi)
PMI Kota Pangkalpinang berhasil mengumpulkan 180 kantong darah dalam kegiatan donor darah massal memperingati Hari Donor Darah Sedunia, Minggu (23/06/2019) di Welhelmina Park Tamansari Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- PMI Kota Pangkalpinang berhasil mengumpulkan 180 kantong darah dalam kegiatan donor darah massal memperingati Hari Donor Darah Sedunia, Minggu (23/06/2019) di Welhelmina Park Tamansari Pangkalpinang.

Ketua panitia pelaksana, Jumhari mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin PMI Kota Pangkalpinang dalam usaha menambah stok persediaan darah di PMI.

"Alhamdulillah terkumpul sebanyak 180 kantong dari target 250 kantong dengan rincian golongan darah A ada 52 kantong, B ada 53 kantong, O ada 56 kantong dan AB ada 19 kantong," kata Jumhari.

Ditambahkannya, selain itu diadakan penyerahan penghargaan kepada pendonor sukarela yang sudah 25 kali sebanyak 33 orang dan 50 kali sebanyak 11 orang.

"Kita juga memberikan penghargaan kepada 25 instansi penyelenggara donor darah rutin pada tahun 2018 lalu," ujar Jumhari sambil mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat yang telah menyumbangkan darahnya.

Sementara Wahyono, Sekretaris PMI Kota Pangkalpinang menambahkan berdasarkan PP Nomor 7 tahun 2011,
tanggungjawab pelayanan darah adalah pemerintah dan pemerintah daerah, untuk mengatur, membina dan mengawasi pelayanan darah dalam rangka melindungi masyarakat.

"PMI merupakan organisasi sosial kepalangmerahan yang diperbolehkan dalam pengerahan dan pelestarian pendonor darah," kata Wahyono.

Ditambahkannya, hal ini juga dipertegas dengan UU Nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan yang salah satu tugas PMI memberikan pelayanan darah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kegiatan ini dihadiri Akhmad Subekti, staf Ahli Walikota Pangkalpinang, pengurus PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kodim 0413 Bangka dan tamu undangan lainnya. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved