Optimalisasi Kinerja Pegawai, OPD Diminta Menciptakan Lingkungan Kerja Kondusif

Sebanyak lima poin penting diinstruksikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung terkait pelayanan dan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas

Optimalisasi Kinerja Pegawai, OPD Diminta Menciptakan Lingkungan Kerja Kondusif
ist
Padli,Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM -- Sebanyak lima poin penting diinstruksikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung terkait pelayanan dan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas mental/orang dengan gangguan jiwa.

Poin keempat ditekankan bagi organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menciptakan lingkungan kerja kondusif.

Padli Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, poin keempat dalam surat edaran gubernur, diintruksikan untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

"Itu bertujuan bagi kesejahteraan psikologis dan kesehatan mental pegawai, sehingga optimalisasi kinerja pegawai dapat meningkat dengan baik," kata Padli, Selasa pagi (25/6/2019).

Menurut Padli, itu merupakan bagian poin Surat Edaran Gubernur Nomor: 460/0487/RS-DINSOS/2019. Selain itu, dalam pelaksanaan kegiatan berpedoman pada Undang-Undang No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Surat edaran itu juga menginstruksikan kepada pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk tidak lagi menggunakan sebutan "gila" bagi saudara yang mengalami gangguan jiwa. Adapun kata yang baik digunakan yakni, mengalami gangguan kejiwaan.

Selain itu, harus menghilangkan stigma serta tidak melakukan perbuatan dan hal yang menjurus diskriminasi terhadap keberadaan penyandang disabilitas metal/orang dengan gangguan jiwa.

Pegawai juga diinstruksikan aktif dan berperan serta memfasilitasi penyandang disabilitas mental/orang dengan gangguan jiwa dalam proses rehabilitasi dan pemberdayaan.

"Poin yang satu ini untuk membantu penyandang disabilitas agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya dengan baik," jelas Padli. (*)

Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved