481 Peserta Mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar Penerimaan Calon Praja IPDN

Sebanyak 481 peserta mengikuti proses seleksi penerimaan calon praja Institute Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2019

481 Peserta Mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar Penerimaan Calon Praja IPDN
Diskominfo Babel/ Rizky Fitrajaya
Peserta Mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar Penerimaan Calon Praja IPDN

BANGKAPOS.COM -  Sebanyak 481 peserta mengikuti proses seleksi penerimaan calon praja Institute Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2019 di ruang CAT Lantai IV Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diadakan Selasa (25/06).

Pelaksanaan test dilakukan oleh BKN bekerjasama dengan lembaga IPDN serta Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDM) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebelum pelaksanaan test, sebelumnya para peserta mendapatkan pengarahan oleh Asisten Umum Bidang Administrasi Umum Setda Pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung, Darlan.  Dalam arahannya, Darlan memberikan arahan kepada peserta untuk mengikuti test dengan baik.  

“Jadi ikuti test dengan baik dan jangan tegang,”ungkap Darlan.

Pesan agar para peserta yang tidak lulus pada pelaksanaan ujian seleksi  agar tidak putus asa dan tetap semangat juga disampaikan oleh Darlan pada kesempatan tersebut.

“Jadi kalo tidak lulus seleksi jangan putus asa, tetap semangat karena masih banyak kesempatan lainnya,“ pesan Darlan.

Darlan juga menjelaskan bahwa melalui sistem seleksi berbasis elektronik atau dikenal dengan sistem CAT, hasil ujian akan diumumkan pada saat bersamaan dengan sistem penilaian berbasis passing grade.  

Cakupan materi yang diuji pada seleksi tahap I adalah mengenai kompetensi dasar yang meliputi test karakteristik pribadi, test intelegensia umum (TIU) dan materi wawasan kebangsaan. 

Adapun cakupan nilai kelulusan dari masing-masing materi berdasarkan PERMENPAN  RB No.37 tahun 2018 terkait penilaian ambang batas seleksi kompetensi dasar menggunakan sistem CAT yang harus dicapai pada seleksi awal mencakup 143 point untuk materi TKP,  80 point untuk materi TIU dan 75 poin untuk materi TKW.

Untuk seleksi tahap awal, dijelaskan Darlan bahwa peserta yang diambil adalah 68 peserta untuk kemudian mengikuti proses seleksi selanjutnya yakni test wawancara, test kesehatan hingga didapatkan 28 lulusan untuk menjadi calon praja IPDN.

(Diskominfo Babel)

Penulis : Stevani

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved