84 Persen Tempat Umum di Babel Sudah Penuhi Syarat Kesehatan

Delapan puluh empat persen tempat umum di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah memenuhi persyaratan kesehatan

84 Persen Tempat Umum di Babel Sudah Penuhi Syarat Kesehatan
Diskominfo Babel/Adinda Chandralela
84 Persen Tempat Umum di Babel Sudah Penuhi Syarat Kesehatan 

BANGKAPOS.COM-- Delapan puluh empat persen tempat umum di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah memenuhi persyaratan kesehatan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto dalam rilis pramasnya (26/06/2019)

"Berdasarkan hasil capaian rencana strategis penyehatan lingkungan tahun 2018, indikator jumlah desa/kelurahan yang melaksanakan STBM sebanyak 384. Pengawasan terhadap sarana air minum juga sudah dilaksanakan sebanyak 54,06 persen dari total sarana," jelas Mulyono.

Dalam mewujudkan hal tersebut, lanjut Mulyono, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melakukan berbagai upaya, antara lain advokasi dan sosialisasi, pembinaan, serta monitoring dan evaluasi.

"Pengawasan langsung ke objek atau tempat fasilitas umum juga dilakukan, termasuk uji petik dengan pemeriksaan melalui alat ukur pengawasan kualitas lingkungan," ujarnya.

"Kami juga berfokus pada rumah sakit yang melakukan pengelolaan limbah medis sesuai standar dan 39,13 persen rumah sakit sudah melaksanakannya. Selain itu, data menunjukkan bahwa tempat pengelolaan makanan (TPM) yang memenuhi syarat kesehatan 63,22 persen dan jumlah kabupaten/kota sehat sebanyak lima kabupaten," rincinya.

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Bahuri menjelaskan bahwa upaya kesehatan lingkungan ditujukan untuk mewujudkan kualitas lingkungan sehat, baik fisik, kimia, biologi, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

"Penyelenggaraannya didukung oleh pemerintah daerah provinsi, dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta bekerja sama dengan pengurus pusat himpunan kesehatan lingkungan," jelasnya.

Untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, menurut Bahuri, perlu didukung dengan upaya penyehatan, pengamanan, dan pengendalian terhadap media lingkungan berupa air, udara, tanah, dan pangan untuk memenuhi standar baku mutu kesehatan lingkungan persyaratan kesehatan. " Hal tersebut tidak lepas dari dukungan lintas program dan lintas sektor yangbada di provinsi dan kabupaten/kota," pungkasnya.

(Diskominfo Babel)

Penulis: Adinda Chandralela

Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved