Berita Pangkalpinang

Centripuge Penyaring Darah Trombosit di PMI Pangkalpinang Rusak

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang untuk sementara tidak bisa melayani permintaan komponen darah trombosit.

Centripuge Penyaring Darah Trombosit di PMI Pangkalpinang Rusak
Bangkapos.com/Edwardi
Peralatan Centrifuge milik PMI Kota Pangkalpinang yang berfungsi sebagai penyaring darah untuk mendapatkan trombocit mengalami kerusakan. 

BANGKAPOS.COM-- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang untuk sementara tidak bisa melayani permintaan komponen darah trombosit.

Pasalnya peralatan Centrifuge yang berfungsi sebagai penyaring darah untuk mendapatkan trombosit mengalami kerusakan.

Hal ini diungkapkan, Wahyono, Sekretaris PMI Kota Pangkalpinang kepada Bangkapos.com, Kamis (27/06/2019).

"Untuk sementara ini PMI Kota Pangkalpinang tidak bisa dilayani permintaan darah trombosit, karena centrifuge yang merupakan alat laboratorium pembuat komponen darah di UTD PMI Kota Pangkalpinang mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa berfungsi sebagai pembuat komponen darah tinggi," ungkap Wahyono.

Dijelaskan Wahyono, alat ini sangat penting dan PMI Kota Pangkalpinang hanya memiliki satu unit centrifuge yang dibeli melalui anggaran UTD PMI Kota Pangkalpinang dengan merk Thermo Sorvall  ST 40 Refrigerator Centrifuges Series 230 V,50/60 Hz seharga Rp 276.654.400 pada tahun 2018 yang lalu.

"Jenis centripuges tersebut yang termurah dibandingkan type yang lainnya. Sekarang mengalami kerusakan dan sedang diperbaiki teknisi," ujar Wahyono.

Diungkapkannya, peralatan centripuges ini masih dalam masa garansi oleh tim teknisi dari Palembang.

"Mengingat permintaan trombosit yang cukup banyak dari masyarakat, maka kami arahkan ke UTD yang ada di Rumah Sakit Umum Bangka Barat, karena peralatan centripuges ini hanya ada dua di Pulau Bangka dan satu di Pulau Belitung," imbuhnya.

Ditambahkannya, oleh karena itu atas nama PMI Kota Pangkalpinang memohon maaf atas terganggunya pelayanan kebutuhan darah ini, disebabkan karena keterbatasan peralatan yang ada.

"Kami mohon maaf kepada masyarakat khususnya yang membutuhkan trombosit, mudah-mudahan peralatan ini bisa segera diperbaiki," harapnya. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved