Berita Pangkalpinang

Demi Nyabu, Doles dan Sawaludin Gasak Motor dan Barang Elektronik Dari Rumah Kosong

Keduanya beraksi dengan modal obeng, mirisnya kedua tersangka melakukan pencurian untuk membeli narkoba jenis sabu.

Demi Nyabu, Doles dan Sawaludin Gasak Motor dan Barang Elektronik Dari Rumah Kosong
Bangka Pos/Deddy Marjaya
Press realsse kasus pencurian spesialis rumah kosong di Polda Kepulauan Bangka Belitung Kamis (27/6/201. 

BANGKAPOS.COM -- Doles (36) warga Air Mawar dan Sawaludin (40) warga Girimaya,dua tersangka curat spesialis rumah kosong berhasil dibekuk Subdit Jatanras Dit Krimum Polda Kepulauan Bangka Belitung Kamis (27/6/2019) dinihari.

Keduanya beraksi dengan modal obeng, mirisnya kedua tersangka melakukan pencurian untuk membeli narkoba jenis sabu. Bersama tersangka diamankan barang bukti 3 unit HP, TV LCD, maian elektronik anak, sejumlah barang elektronik rumah tangga, tabung gas dan obeng serta 1 motor untuk beraksi.

"Tersangka ini sudah beraksi di 3 TKP rumah yang sedang ditinggal penghuninya hasil penjualan untuk mengkonsumsi narkoba," kata Kasubdit Jatanras AKBP Wahyudi didampingi Kabid Humas AKBP Maladi saat jumpa pers.

Ditambahkan AKBP Wahyudi tersangka akan dijerat dengan pasal 363 dengan ancaman 10 Tahun penjara untuk kasus pencurian. Sementara untuk penyalahgunaan narkoba akan berkerjasama dengan Ditnarkoba untuk pengembangan.

"Kasus pencurian kita yang tangani, kalau dugaan narkobanya nanti kita serahkan ke Ditnarkoba," kata AKBP Wahyudi

Pengungkapan tersebut bermula saat Tim 1 Opsnal Subdit Jatarans Polda Kepulauan Bangka Belitung dipimpin Ipda Defriansyah menyelidiki kasus pencurian dengan modus sama di Kota Pangkalpinang. Ada 3 TKP yang dilaporkan di Polsek Bukit Intan dan Polsek Tamansari. Modusnya sama rumah sedang ditinggal pemilik dan pelaku masuk dengan cara mencongkel pintu atau jendela.

Setelah melakukan pendalaman dan penyelidikan didapati ada dua orang yang dicurigai karena masih memegang barang bukti.

Awalnya Tim Opsnal 1 Jatanras mengamankan Doles dan didapati menguasai barang bukti hasil pencurian. Berupa 2 HP, 1 TV LCD, 1 tabung, 2 maianan elektronik anak dan alat elektronik lainnya yang belum sempat dijual.

Doles yang tak dapat mengelak lagi mengaku barang tersebut ia curi besama Sawaludin. Tim pun langsung bergerak mencari keberadaan Sawaludin yang merupakan residivis dan berhasil diamankan. Selanjutnya kedua tersangka dan barang bukti diamankan ke Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Ditemui Sawaludin yang berprofesi sebagai supir tronton ini mengakui dirinya kesulitan membeli narkoba jensi sabu sehingga mengajak rekannya Doles melakukan pencurian. Saat mencuri dirnya yang masuk kedalam rumah sementara Doles menunggu dimotor.

Sawaludin mengaku baru beberapa bulan ini ia kecanduan sabu. Sementara hasil menyupir saja kurang untuk memenuhi kebutuhan anak istrinya.

"Benar pak ada tiga lokasi rumah yang saya curi hasilnya untuk beli narkoba," kata Sawaludin.

(Bangka Pos/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved