VIDEO: Irwan Jualan Kopi Pakai Gerobak Kini Bisa Bikin Bubuk Kopi Sendiri

Irwan Sutrisno, pemilik Wan's Kopi mengatakan ide awal memulai usaha pada tahun 2015 dengan berjualan kopi keliling menggunakan gerobak dorong

PANGKALPINANG, BANGKA POS -- Irwan Sutrisno, pemilik Wan's Kopi mengatakan ide awal memulai usaha pada tahun 2015 dengan berjualan kopi keliling menggunakan gerobak dorong, supaya bisa berpindah-pindah tempat.

"Pertama berjualan di alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang, selain itu bila ada event-event kita siapkan kopinya, seperti even otomotif dan lainnya," kata Irwan, Kamis (27/06/2019) di gerobak kopi depan Pasar Pagi Pangkalpinang.

Diakuinya dari berjualan keliling dan event-event ini Kemudian ada costumer yang bertanya sehari-hari mangkalnya di mana, akhirnya mencari kios tetap di depan Pasar Pagi Pangkalpinang dengan berjualan dari pagi pukul 05.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB setiap hari.

"Seiring berjalannya usaha ternyata banyak bermunculan orang lain yang juga berjualan minuman kopi yang sama. Untuk mempertahankan usaha ini agar terus bisa bertahan maka muncul ide untuk berjualan bubuk kopi dan biji kopi sangrai dengan sasaran warung-warung kopi," ujarnya.

Diungkapkannya, kopi ini berasal dari Kota Pagar Alam Sumsel dan kebetulan saat ini juga memiliki kebun kopi sendiri disana.

"Dulu awalnya kopi datang dari Pagar Alam ke Pangkalpinang dalam bentuk bubuk kopi kemudian kita membeli biji kopi juga untuk dibawa ke Pangkalpinang," jelasnya.

Diakuinya sebelum menjadi mitra binaan PT Timah, Wan's Kopi belum mampu membeli mesin giling dan mesin sangrai kopi sendiri, sehingga proses sangrai dan penggiling kopi di tempat orang lain.

"Hasil bubuk kopi ini kita kemas dengan merek sendiri. Para pembeli awalnya dari kalangan teman kantor dan teman-teman dekat sendiri," imbuhnya.

Awal menjadi mitra binaan PT Timah dimulai saat kenal dengan teman di alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang sekitar dua tahun yang lalu.

"Setelah menjadi mitra binaan PT Timah, kita bisa membeli mesin kopi dan sangrai sendiri sehingga bisa memproduksi bubuk kopi sendiri di rumah," ungkapnya.

Ke depan berharap PT Timah bisa membantu promosi produksi bubuk kopi ini melalui pameran-pameran dan lainnya.

"Ke depan ingin membuat rumah kopi yang memiliki ciri khas sehingga bisa dikunjungi para wisatawan jadi kita bukan hanya menjual minuman kopi saja tapi juga menjual wisata kopinya," harapnya. (Bangka Pos/Edwardi)

Tags
Kopi
jual
Penulis: edwardi
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved