Berita Pangkalpinang

14 Juli Calon Haji Pangkalpinang Berangkat ke Embarkasi Haji Palembang

Seluruh Jemaah Calon Haji (JCH atau Calon Haji) Kota Pangkalpinang tahun keberangkatan 2019 akan diberangkatkan dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang

14 Juli Calon Haji Pangkalpinang Berangkat ke Embarkasi Haji Palembang
Bangkapos.com/Edwardi
Hj Nurmala, Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM-- Seluruh Jemaah Calon Haji (JCH atau Calon Haji) Kota Pangkalpinang tahun keberangkatan 2019 akan diberangkatkan dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang pada hari Minggu, 14 Juli 2019 mendatang menuju Embarkasi Haji Palembang.

"Untuk JCH Kota Pangkalpinang yang berjumlah 273 orang telah dibagi dalam 25 regu, berarti akan menjadi enam rombongan dengan kelebihan satu regu yang nantinya akan bergabung dengan rombongan JCH Palembang, dan penempatannya akan berada pada sektor 4,” jelas  Hj Nurmala, Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang kepada bangkapos.com, Jumat (28/06/2019) di kantornya.

Ia mengatakan, koper-koper yang telah dibagikan kepada JCH, setelah diisi barang bawaan jemaah harus diserahkan kembali ke Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang satu hari sebelum keberangkatan, yakni hari Sabtu, 13 Juli 2019, dengan ketentuan berat maksimal dibawah 15 kg untuk koper besar dan tujuh kilogram untuk tas jinjing.

"Untuk mempermudah identifikasi, selain ketentuan warna rombongan dan sektor, pada koper jemaah juga memuat beberapa kolom identitas yang harus diisi jemaah, antara lain: nama, nomor paspor, embarkasi, alamat, nomor regu/rombongan, nomor kursi dan nomor telepon jemaah," kata Nurmala.

Menurutnya, ketentuan berat maksimal barang bawaan JCH pada koper besar adalah seberat 32 kg, tetapi berhubung kondisi landasan pacu bandara embarkasi Palembang belum memungkinkan untuk mengakomodir berat tersebut.

"Dikhawatirkan bila dipaksakan pesawat akan kesulitan dalam proses take off yang dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan penerbangan, maka berat barang bawaan dalam koper besar ditentukan untuk tidak melebihi 15 kg," imbuhnya.

Ditambahkannya, untuk ketentuan warna tanda rombongan yang harus ditempelkan di koper JCH dan identitas warna penanda sektor serta ketentuan aturan penerbangan yang tidak memperbolehkan menggunakan tali atau jaring sebagai pelapis koper untuk mempermudah pengaturan bagasi.

Identitas warna penanda rombongan JCH harus ditempelkan di sudut kiri dan kanan atas koper besar pada kolom yang sudah disediakan, dengan ketentuan sebagai berikut :

1 Rombongan 1 dengan warna merah.
2. Rombongan 2 dengan warna kuning.
3. Rombongan 3 dengan warna biru.
4. Rombongan 4 dengan warna coklat.
5. Rombongan 5 dengan warna hijau.
6. Rombongan 6 dengan warna putih.
7. Rombongan 7 dengan warna orange.
8. Rombongan 8 dengan warna ungu.
9. Rombongan 9 dengan warna hitam dan
10. Rombongan 10 dengan warna merah muda.

Untuk identitas warna sektor juga harus diberi tanda dengan menggunakan pita yang disematkan pada pegangan koper dan diatur dengan ketentuan:

1 Sektor 1 dengan warna hijau.
2. Sektor 2 dengan warna abu-abu.
3. Sektor 3 dengan warna ungu, dan
4. Sektor 4 dengan warna merah muda. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved