166 Orang Dengan Gangguan Jiwa Terdata Di Pangkalpinang

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Pangkalpinang mencatat ada sebanyak 166 Orang

166 Orang Dengan Gangguan Jiwa Terdata Di Pangkalpinang
dok bangka pos
Kepala Dinsos PPPA Pangkalpinang, Rika Komarina 

166 Orang Dengan Gangguan Jiwa Terdata Di Pangkalpinang

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Pangkalpinang mencatat ada sebanyak 166 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah Pangkalpinang ditahun 2019 dan 150 diantaranya yang akan dilakukan pembinaan.

Kepala Dinsos PPPA Pangkalpinang, Rika Komarina, mengatakan, riwayat kebanyakan ODGJ disebabkan karena masalah ekonomi, keluarga, tekanan psikologis dan bisa juga karena genetik. Ratusan ODGJ ini dirawat di rumahnya masing-masing, pihak Dinsos PPPA melakukan pendataan dan memberikan penanganan.

"Kalau yang di jalan jalan sudah jarang ditemui. Mereka dibawa untuk diberikan penanganan di RSJ. Selebihnya mereka dengan gangguan ini dirawat di rumah masing-masing. Ada kok keluarganya, nah kami memberikan penanganan istilahnya rehabilitasi," ujar Rika kepada bangkapos.com, Jumat (28/6/2019).

Dia mengatakan, penanganan yang diberikan berupa pembinaan dengan mengajarkan keterampilan. Mereka juga diberikanan penanganan medis yang bekerja sama dengan puskesmas ataupun Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sungailiat.

Menurut Rika, petugas di lapangan sangat proaktif dalam memantau perkembangan ODGJ ini.

Lebih lanjut, petugas mengingatkan keluarga untuk mengambil obat ke puskesmas yang sudah ditentukan. Obat ini diambil untuk ketiga kali nya, berikutnya pada minggu keempat diharuskan kontrol ke RSJ.

Rata-rata usai ODGJ ini diatas 20 tahun dan mereka dianjurkan untuk selalu mengkonsumsi obat yang diberikan tim medis. Sebab jika berhenti kemungkinan kambuh akan terjadi dan untuk kesembuhan dianjurkan untuk tidak berhenti konsumsi obat-obat tersebut.

"Kalau sembuhnya kapan, tidak bisa diukur. Beda masing-masing dalam penanganannya," kata Rika.

(Bangkapos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved