Berita Belitung

Penerbangan Air Asia Rute Jakarta-Tanjungpandan Ditunda, Pemda Belitung Usaha Gandeng Jetstar

Rencana penerbangan Air Asia yang akan menambah rute penerbangan ke Belitung belum kunjung terealisasi.

Penerbangan Air Asia Rute Jakarta-Tanjungpandan Ditunda, Pemda Belitung Usaha Gandeng Jetstar
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie 

BANGKAPOS.COM  Rencana penerbangan Air Asia yang akan menambah rute penerbangan ke Belitung belum kunjung terealisasi.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan regulasi pusat tak memberikan keputusan menjadi menyebabkan tertundanya penerbangan yang rencananya beroperasi pada Juni ini.

"Terus terang kami cukup kecewa terhadap pusat yang tidak memberi kesempatan penerbangan Air Asia rute Jakarta-Tanjungpandan. Yang diberikan hanya Kuala Lumpur-Tanjungpandan yang diberi izin," ujarnya, Kamis (27/6/2019) lalu.

"Dan ini pun kami sedang menunggu momentum yang pas, karena Air Asia tipenya tidak akan langsung buka bulan ini, akan diberi waktu menjual tiket lebih dulu," tuturnya.

Ia juga berencana menyasar maskapai Jetstar agar dapat rute penerbangan dari dan ke Belitung. Sebelumnya ia pun sempat bertemu dengan CEO Jetstar. Menurutnya CEO anak perusahaan Qantas ini sempat datang melihat potensi Belitung.

"Dan dia terkesima bahwa Belitung layak dijual, dia mengingat ada daerah di Jepang yakni Okinawa, dulu tidak terlalu ramai seperti Belitung, tapi sekarang terkenal karena Jet-Star membantu mereka berpromosi dengan memberikan tiket harga murah," ujar Isyak.

Mereka pun sudah menghitung biaya perjalanan yang dibutuhkan untuk penerbangan SIN-TJQ. Ia merinci, biaya yang diperlukan hanya sekitar 40 SGD atau sekitar Rp 500 ribu. Namun masalahnya airport tax di Singapura mahal, yakni 50 SGD dan di Indonesia 15 SGD, sekitar Rp 600 ribu.

Sehingga harga tiket Singapura-Belitung diperkirakan menyentuh harga Rp 1,1 juta lalu Belitung-Jakarta Rp 700 ribu atau sekitar Rp 1,8 juta pulang-pergi.

Menurutnya kerjasama dengan maskapai Jetstar bukan butuh dipersiapkan melalui MoU. Ia memperkirakan sekitar akhir tahun baru akan buka rute sekitar November-Desember.

"Jetstar kan macam-macam, nanti orang Jepang yang mau ke Belitung bisa transit ke Singapura. Utamanya kita membutuhkan pasar Eropa, Australia, dan Jepang. Jadi untuk membangkitkan wisata Belitung diperlukan brand yang punya jaringan luas," ucapnya.

(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved