KPU Secara Resmi Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia

KPU menetapkan secara resmi pasangan Joko Widodo-Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

KPU Secara Resmi Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia
Tribunnews
KH Maruf Amin bersama Jokowi 

BANGKAPOS.COM-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan KPU nomor 987/PL.01.8-Kpt/06/KPU/V/2019 akhirnya menetapkan secara resmi pasangan Joko Widodo-Maruf Amin  sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

Jokowi-Ma'ruf ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih dengan mengantongi 85.607.362 suara atau 55,50 persen dari total suara nasional. Sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen suara. Selisih suara kedua pasangan 16.957.123 atau 11 persen suara.

"Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. Ditetapkan di Jakarta, 30 Juni 2019," kata Ketua KPU RI Arief Budiman saat membacakan surat keputusan di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019).

Lebih lanjut, Arief mengatakan salinan berita acara dan salinan keputusan KPU akan diberikan kepada pihak-pihak yang diperuntukan menerimanya sesuai dengan undang-undang, yakni, partai politik peserta Pemilu, lembaga negara terkait dan penyelenggara Pemilu semisal Bawaslu RI dan DKPP.

"Pertama kepada partai politik peserta pemilu 2019. Selanjutnya kepada lembaga negara dan penyelenggara pemilu. Selanjutnya akan disampaikan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 02 dan 01," ujar Arief.

Namun dalam rapat pleno penetapan ini, paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tidak hadir.

Mereka diwakilkan Ketua Bidang Advokasi Gerindra, Habiburokhman.

Ajakan Jokowi kepada Prabowo

Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutannya setelah dirinya ditetapkan KPU RI sebagai presiden terpilih periode 2019-2024.

Jokowi mengucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya bersama Maruf Amin untuk mengemban tugas dan amanat rakyat serta membawa seluruh rakyat Indonesia menuju Indonesia maju dan bermartabat sejajar dengan negara-negara lain di dunia.

"Kami berdua akan mendedikasikan diri kami untuk mencapai cita-cita para pendiri bangsa. Kami berdua akan berjuang sepenuh hati dan akan bekerja sekuat tenaga untuk melanjutkan pondasi yang sudah kami bangun bersama bapak Jusuf Kalla pada periode pertama pemerintahan," kata Jokowi di Gedung KPU RI, Minggu (30/6/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi pun menyadari bila Indonesia sebagai negara yang besar tidak bisa dibangun hanya dengan satu orang dua orang atau sekelompok orang.

Halaman
1234
Editor: nurhayati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved