Advertorial

16 Peserta Babel Wakili STQ Nasional XXV di Pontianak

Kakanwil didampingi istri menghadiri pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional XXV yang dipusatkan di Alun-alun Kapuas Kota Pontianak

16 Peserta Babel Wakili STQ Nasional XXV di Pontianak
istimewa
Kakanwil didampingi istri menghadiri pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional XXV yang dipusatkan di Alun-alun Kapuas Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. 

BANGKAPOS.COM -- Kakanwil didampingi istri menghadiri pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional XXV yang dipusatkan di Alun-alun Kapuas Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Kakanwil tampak duduk di tribun utama bersama beberapa pejabat eselon I dan II baik dari Kementerian Agama RI maupun Kepala Kanwil Kemenag dari seluruh Indonesia dan langsung menyaksikan defile kafilah dari seluruh provinsi di Indonesia termasuk kafilah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

STQ Tingkat Nasional XXV resmi dibuka oleh Menteri Agama (Menag) RI, H Lukman Hakim Saifuddin ditandai dengan pemukulan bedug dan dentuman meriam sebanyak 25 kali.

Menag mengatakan, STQ Tingkat Nasional yang diadakan setiap dua tahun sekali ini merupakan pintu gerbang bagi pencinta seni membaca dan penghapal Alquran untuk mengikuti MTQ Tingkat Internasional.

“STQ Nasional tahun ini terasa lebih bermakna karena dapat menjadi momentum untuk merajut kembali kebersamaan dan persaudaraan nasional pasca pemilihan umum 2019. Kita tentu bersyukur bahwa kegiatan musabaqah Alquran yang telah membudaya di tengah masyarakat ini terus berkembang, terutama dalam sisi teknis penyelenggaraannya. Namun kita harus terus meningkatkan kualitas STQ Nasional agar lebih berdampak positif bagi kehidupan umat, bangsa dan Negara,” ungkapnya.

Menag berharap, ke­giatan ini bisa jadi stimulan bagi umat agar mengamalkan kandungan kitab suci sebagai penuntun umat bagi kehidupan pribadi maupun sosial, sekaligus menjadi penuntun dalam memperkokoh persatuan bangsa dan memperkuat daya rekat kerukunan hidup beragama. Itulah sebabnya STQ Nasional kali ini mengusung tema ‘Implementasi Nilai-Nilai Universal Alquran untuk Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang Religius Rukun dan Damai’.

“Tema ini mengingatkan kita bahwa penyelenggaraan STQ maupun MTQ merupakan potret perpaduan ke-Islaman dan kebangsaan yang khas Indonesia. Sebab event ini sangat unik karena melibatkan unsur budaya dan kearifan lokal seperti karnaval oleh kafilah-kafilah, pameran hasil industri kecil, seminar, dekorasi artistik daerah dan lain sebagainya. Ada dialektika antara nilai-nilai Islam dengan nilai-nilai budaya, sehingga nampaklah watak Islam Rahmatan Lil Alamin. Inilah yang membedakan corak Islam di Indonesia dengan negara-negara muslim lainnya. Dalam bahasa budaya, corak Islam Indonesia telah menggambarkan tentang sifat pelaksanaan nilai-nilai agama yang paling mendasar yaitu Moderasi beragama,” jelasnya.

Dalam STQ Nasional XXV Tahun 2019, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung me­ngirimkan 16 orang peserta untuk mengikuti 9 cabang lomba yaitu cabang Tilawah Alquran golongan anak-anak putra dan putri atas nama Irham Andy Febrian dan nama Ayu Andira, Tilawatil Alquran golongan dewasa putera dan puteri atas nama Trisna Wijaya dan Muhibbatul Ilmiah, Hifzh Alquran golongan 1 juz dan tilawah putera dan puteri atas nama Fachri Akbar Maulana dan Siti Marhamah, Hifzh Alquran golongan 5 juz dan tilawah putera dan puteri atas nama Ahmad Mishbah Baidhowi dan Hadina, Hifzh Alquran golongan 10 juz putera dan puteri atas nama Maznur Ray Handa dan Fatira Kasyifa, Hifzh Alquran golongan 20 juz putera dan puteri atas nama Maulana Ali Akasyah dan Husnul Khotimah, Hifzh Alquran golongan 30 juz putera atas nama Muhammad Muslim Alfatih, Musabaqah hadits Nabi golongan hafalan 100 hadits dengan sanad putera dan puteri atas nama Musa dan Nurwanty Eke Puspita, Musabaqah Hadits Nabi golongan hafalan 500 hadits tanpa sanad putera atas nama Muhammad Fadhillah.

Perlombaan STQ Nasional XXV akan dimulai pada tanggal 30 Juni 2019 untuk semua cabang lomba. Adapun tempat pelaksanaan lomba dibagi menjadi lima arena yaitu Alun-alun Kapuas, Tugu Khatulistiwa, Masjid Raya Mujahidin, Gedung Konferensi Untan, dan Aula IAIN Pontianak.

STQ Nasional XXV dijadwalkan akan ditutup pada tanggal 5 Juli 2019 mendatang. Kita doakan semoga Kafilah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan prestasi yang terbaik.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved