Advertorial

Pengurus Saka Bakti Husada Tingkat Cabang Bangka Tengah Resmi Dilantik

PENGURUS Saka Bakti Husada Tingkat Cabang Bangka Tengah masa bakti 2019-2024 resmi dilantik di Hotel Santika Bangka, Pangkalanbaru, Bangka Tengah

Pengurus Saka Bakti Husada Tingkat Cabang Bangka Tengah Resmi Dilantik
istimewa
Pengurus Saka Bakti Husada Tingkat Cabang Bangka Tengah masa bakti 2019-2024 resmi dilantik di Hotel Santika Bangka, Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Jumat (28/6) 

BANGKAPOS.COM -- Pengurus Saka Bakti Husada Tingkat Cabang Bangka Tengah masa bakti 2019-2024 resmi dilantik di Hotel Santika Bangka, Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Jumat (28/6). Ke­tua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangka Tengah Drs Sugianto M.Si menyatakan pentingnya melibatkan berbagai potensi dan sumber daya yang ada. Contohnya, dalam urusan kesehatan, termasuk anggota pramuka yang tergabung dalam Saka Bakti Husada.

Keberadaan Saka Bakti Husada, khususnya dengan terbentuknya Satuan Karya Bakti Husada, diharapkan dapat mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan.

“Melalui Gugus Depan Saka Bakti Husada bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota gerakan pramuka dan masyarakat di lingkungannya,” kata Sugianto.

Saka Bakti Husada, lanjutnya, adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman, dan pemberian kesempatan untuk membaktikan diri kepada masyarakat di bidang kesehatan. Kesehatan sendiri merupakan hak setiap manusia. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab bersama agar hak tersebut diperoleh semua masyarakat.

“Terdapat berbagai potensi yang dapat mendukung keberhasilan program-program kesehatan kelompok masyarakat. Yang paling potensial dalam pembangunan kesehatan adalah kelompok usia remaja atau muda karena usia ini merupakan usia produktif. Jadi melalui Saka Bakti Husada juga merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan bisa berbagi dengan masyarakat,” tutur Sugiarto

Dari pelantikan tersebut, dia berharap bisa menghasilkan sesuatu yang produktif bagi eksistensi kepramukaan guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, H Bahrun Siregar Sutrisno MKes menyebut, gerakan pramuka mempunyai tugas mendidik dan membina kaum muda agar menjadi kader pembangunan yang beriman dan bertakwa serta sehat jasmani dan rohani. Dalam pelaksanaan tugas pokoknya, gerakan pramuka bekerja sama dengan instansi-instansi terkait yang berkompeten dalam memberikan keterampilan.

Adapun dalam meningkatkan keterampilan tersebut, kata Bahrun, terbentuklah saka yang salah satunya adalah Saka Bakti Husada.

“Tujuan Saka Bakti Husada adalah memberikan wadah pendidikan pembinaan bagi para pramuka penegak dan pandega untuk menyalurkan minat, bakat, pengalaman, dan keterampilan di bidang ke­sehatan,” katanya.

Saka Bakti Husada sendiri memiliki kegiatan dalam bentuk krida bidang kesehatan, yaitu krida bina lingkungan sehat, keluarga sehat, krida bina pengendalian penyakit, krida bina gizi, krida bina obat, serta krida bina perilaku hidup bersih dan sehat.

“Dengan terbentuknya kepengurusan ini diharapkan dapat mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan,” ucap Bahrun.

Terpisah, Ketua Majelis Pembimbing Cabang Bangka Tengah, Dr Ir H Ibnu Saleh MM, mengatakan, dengan terbentuknya Saka Bakti Husada, maka tidak menutup kemungkinan pelayanan ke­sehatan di Bangka Tengah akan excellent.

Ibnu pun berharap Saka Bakti Husada dapat bekerja sama dan berkolaborasi dengan pemerintah sehingga masyarakat bisa merasakan pelayanan kesehatan yang baik.

“Selamat bekerja bagi kawan-kawan yang telah dilantik, masyarakat menunggu baktimu,” katanya.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved