Berita Pangkalpinang

Seluruh Kabupaten Kota di Babel Rawan Kekeringan

Surat itu meminta BPBD Babel melakukan langkah antisipasi ancaman kekeringan dan asap akibat kebakaran hutan dan lahan

Seluruh Kabupaten Kota di Babel Rawan Kekeringan
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa. 

BANGKAPOS.COM-- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Babel Mikron Antariksa menyebutkan, jajarannya telah mendapatkan surat dari BNPB mengenai pengurangan risiko bencana dan kesiapsiagaan menghadapi bencana kekeringan dan asap pada tahun ini.

Dalam surat bernomor B-140/D1/PK.03.02/06/2019 bertanggal 26 Juni 2019 itu, seluruh kabupaten kota di Babel termasuk dalam daftar kabupaten kota yang rawan kekeringan pada Juli, Agustus, September 2019.

Surat itu meminta BPBD Babel melakukan langkah antisipasi ancaman kekeringan dan asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Mikron merinci, sejumlah langkah yang akan dilakukan pihaknya memasuki musim kemarau tahun ini di antaranya adalah melakukan pemantauan lapangan, menyiapkan logistik dan peralatan seperti tanki air bersih dan pompa air di wilayah kecamatan dengan prioritas wilayah terdampak kekeringan.

Kemudian BPBD Babel juga akan berkoordinasi dengan petugas pintu air guna melakukan manajemen air untuk pertanian, peternakan, dan kebutuhan sehari-hari. Pihaknya juga akan melakukan kampanye hemat air hingga berkoordinasi dengan OPD terkait untuk pembuatan sumur pantek atau sumur bor.

Pun begitu dengan antisipasi ancaman asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) BPBD Babel akan menguatkan kesiapsiagaan pemerintah dan masyarakat terhadap ini.

Misalnya melakukan pemantauan, penyiapan sarana dan prasaran penanggulangan karhutla hingga pemasangan papan informasi larangan membakar hutan dan menyiapkan helpdesk atau call-centre pelaporan.

"Intinya kami sedang menyiapkan dan melaksabakan instrukti-instrukti dari BNPB ini," ucap Mikron, Senin (1/7/2019).

(bangkapos.com / DedyQurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved