Benarkah Semakin Hari Turbulensi Pesawat akan Sering Terjadi? Ini Penjelasannya

Sungguh tak nyaman rasanya jika kamu harus menghadapi turbulensi saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Benarkah Semakin Hari Turbulensi Pesawat akan Sering Terjadi? Ini Penjelasannya
9news.com.au
Turbulensi di ALK Airlines 

BANGKAPOS.COM - Sungguh tak nyaman rasanya jika kamu harus menghadapi turbulensi saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Tak hanya membuat tidak nyaman, turbulensi juga sering membuat kamu khawatir akan keselamatan penerbangan.

Seperti yang terjadi pada maskapai ALK Airlines yang dilaporkan mengalami turbulensi dalam penerbangan dari Kosovo menuju Swiss pada Minggu (16/6/2019).

Video yang direkam oleh penumpang bernama Morjeta Basha itu memperlihatkan penumpang berteriak setelah pesawat Boeing 737-300 itu terguncang karena turbulensi.

Turbulensi merupakan perubahan kecepatan aliran udara yang menyebabkan goncangan pada tubuh pesawat, baik kecil maupun besar.

Meski demikian, dikutip dari situs lonelyplanet.com, turbulensi pada dasarnya merupakan hal yang wajar.

 Pesawat dirancang untuk menahan turbulensi besar, sementara pilot dan pramugari dilatih untuk mengarahkan Anda melewatinya dengan aman,” isi informasi dalam situs tersebut.

Selain merupakan kejadian yang wajar, berikut empat hal seputar turbulensi pesawat menurut situs lonelyplanet.com.

Beginilah kondisi kabin Delta Airlines jurusan Santa Ana, California menuju Seattle, Washington usai diguncang turbulensi.
Beginilah kondisi kabin Delta Airlines jurusan Santa Ana, California menuju Seattle, Washington usai diguncang turbulensi.(Daily Mail/Joe Justice)

 1. Apa yang menyebabkan turbulensi udara?

Dalam situs ini disebutkan bahwa penyebab terutama turbulensi adalah awan, namun ada juga yang disebut  CAT (Clear Air Turbulence) atau turbulensi udara cerah.

Hal in senada dengan yang disampaikan oleh Assiva Husman, pilot WNI yang pernah menjadi Captain Pilot pesawat B-777 Qatar Airways lewat emailnya kepada Kompas.com.

Halaman
1234
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved