Berita Pangkalpinang

UBB Rencanakan Buka 5 Program Vokasi, Cek Ini Jurusannya

Universitas Bangka Belitung (UBB) berencana akan membuka lima jurusan program vokasi yang direncanakan akan dibuka pada 2020-2021 mendatang.

UBB Rencanakan Buka 5 Program Vokasi, Cek Ini Jurusannya
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Rektor UBB, Muhammad Yusuf 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -  Universitas Bangka Belitung (UBB) berencana akan membuka lima jurusan program vokasi yang direncanakan akan dibuka pada 2020-2021 mendatang.

Lima program vokasi yang akan dibuka yakni D3 Perpajakan, D3 Pertanahan, D3 Pariwisata, D3 Administrasi Perkantoran, dan D3 teknik komputer.

Rektor UBB, Muhammad Yusuf mengatakan, saat ini masih dalam persiapan, pihaknya juga baru akan membentuk tim percepatan pembentukan pendidikan vokasi bagi lima jurusan itu.

Ia menyebutkan, lima vokasi ini memang sesuai dengan kebutuhan, potensi daerah, dan tingginya peminat masyarakat, yang nantinya diharpakan dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas di Babel.

"Ini sudah kami bahas dalam rapat pimpinan UBB, baru akan bentuk tim untuk pendirian vokasi ini. Kita belum berani pasang target, tapi yang jelas sudah kita persiapkan. Harapannya ya 2020 atau 2021 sudah jadi," kata Yusuf, saat menghadiri seremonial penyerahan beasiswa Bank Indonesia, di Kantor Bank Indonesia, Selasa (2/7/2019).

Ia menyebutkan, pihak memilih pendirian program vokasi terlebih dahulu lantaran persyaratan yang harus dipenuhi lebih ringan dibandingkan untuk pendirian pendidikan S1.

Setelah nanti dibentuk tim internal, pihaknya juga harus bersinergi dengan pemerintah daerah. Setelah itu, perlu dilakukan beberapa kajian misalnya melakukan studi banding ke kampus-kampus lainnya.

"Kita masih harus persiapan, kita lakukan percepatan vokasi, seperti vokasi D3 Pariwista rencananya di Belitung, karena mereka sudah siap.  Semoga nanti di 2020-2021 sudah bisa terealisasi. Untuk D3 Perpajakan kita akan study banding ke Undip," katanya.

Pihaknya, juga berharap dengan adanya pendidikan vokasi ini, semakin banyak tenaga kerja Babel yang terserap dan tidak didatangkan dari luar daerah.

"Kalau vokasi ini kan 60-70 persen mereka praktek, sehingga nanti memang setelah lulus mereka siap memasuki pasar kerja yang dibutuhkan pemerintah provinsi, kabupaten/kota maupun industri," sebutnya.

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved