Berita Pangkalpinang

Dinas Pertanian Klaim Belum ada Kekeringan Sawah

Juaidi mengatakan hingga saat ini belum ada sawah di Babel yang mengalami kekeringan meski sudah memasuki musim kemarau.

Dinas Pertanian Klaim Belum ada Kekeringan Sawah
Bangka Pos
Ilustrasi padi sawah di Desa Tuik Kecamatan Kelapa 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Juaidi mengatakan hingga saat ini belum ada sawah di Babel yang mengalami kekeringan meski sudah memasuki musim kemarau.

Ia menjelaskan, waktu tanam padi sudah tertata misalnya untuk periode tanam April-oktober proses penanamannya sudah selesai pada bulan Juni. Saat ini susah memasuki fase generatif dan panen diprediksi panen di akhir bulan Juli.

"Kalau sudah memasuki fase generatif kebutuhan akan air sudah berkurang, karena fase keluar malay. Kalau yang butuh banyak air itu fase pembentukan anakan atau primordia itu memang butuh air yang cukup," katanya, Rabu (3/7/2019).

Sedangkan untuk periode tanam berikutnya dijadwalkan Oktober-maret, dimana pada saat oktober sudah memasuki musim hujan.

"Tahun ini mencoba percepatan pengolahan tanah, sehinga siap tanam oktober sehingga nanti musim hujan kita sudah mencoba untuk olah tanah sehingga nanti begitu hujan sudah tumbuh dengan sistem tabur," katanya.

Ia menyebutkan, menghadapi musim kemarau ini juga telah menyiapkan pompa air yang cukup banyak untuk penyediaan air.

"Mesin pompa ini sudah disiapkan di beberapa sentra sawah," katanya.

Ia tak memungkiri sawah di Babel banyak tadah hujan, namun dengan sistem pompa irigasi yang baik dari saluran pembawa berupa embung.

Diakuinya, permasalahan persawahan di Babel yakni tata kelola air di saluran pembuangan, dimana saat musim hujan enggak bisa mengalir cepat.

"Mudah-mudahan tidak ada yang kekeringan, laporan dari kabupaten juga belum ada, ini yang akan kita benahi tata airnya kerjasama dengan PU," katanya.

Halaman
12
Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved