Berita Pangkalpinang

Peringati Bulan Pengurangan Risiko Bencana, BPBD Babel Gelar 4 Lomba Kreativitas Bergengsi

Kegiatan puncak PRB itu sendiri diperkirakan bakal menyedot ribuan peserta dari berbagai wilayah di Nusantara.

Peringati Bulan Pengurangan Risiko Bencana, BPBD Babel Gelar 4 Lomba Kreativitas Bergengsi
ist
BPBD Provinsi Bangka Belitung memastikan akan menggelar beberapa acara dan lomba dalam rangkaian kegiatan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 

BANGKAPOS.COM--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung memastikan akan menggelar beberapa acara dan lomba dalam rangkaian kegiatan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB), yang tahun ini dipusatkan di Provinsi Bangka Belitung tanggal 11 hingga 13 Oktober 2019 mendatang.

Kegiatan puncak PRB itu sendiri diperkirakan bakal menyedot ribuan peserta dari berbagai wilayah di Nusantara.

Salah satu yang termasuk dalam rangkaian kegiatan akbar PRB tersebut adalah panitia menggelar lomba yang dikemas dalam kegiatan pra-event.

Perlombaan tersebut adalah, lomba karya tulis kebencanaan, lomba penulisan berita kebencanaan, lomba membuat poster kebencanaan dan lomba Foto kebencanaan yang keempatnya dikemas dalam Lomba Kreatifitas PRB 2019.

Penanggung jawab Lomba Kreativitas PRB 2019, Eka Mahendra Putra kepada media mengatakan, ketiga lomba tersebut memang digelar terlebih dahulu untuk menyambut kegiatan puncak di bulan Oktober nanti.

"Jadi pihak panitia menggelar keempat jenis perlombaan ini sebagai tanda bahwa rangkaian PRB telah berjalan," kata Putra, sapaan akrabnya saat mendampingi Kalakhar BPDB Babel, Mikron Antariksa, kemarin.

Putra menjelaskan lebih detail mengenai ketiga perlombaan tersebut. Kata dia, yang pertama adalah lomba karya tulis kebencanaan yang dibuka untuk seluruh masyarakat Babel.

Lomba kedua adalah, lomba penulisan berita kebencanaan. Untuk perlombaan yang ini dikhususkan untuk insan jurnalis di Bangka Belitung.

lomba ketiga adalah lomba pembuatan poster dan Foto kebencanaan, yang dibuka untuk masyarakat umum dengan syarat tercatat sebagai penduduk Babel.

"Untuk lomba karya tulis, kita ingin masyarakat merasa terlibat, bisa memberikan masukan, ide, maupun sumbang saran dari tulisan mereka, yang pada akhirnya akan menjadi bahan pertimbangan BPBD Babel menanggulangi bencana di Babel. Sedangkan untuk lomba penulisan berita, itu memang dikhususkan untuk insan-insan jurnalis, karena mereka adalah orang yang terlibat langsung dalam penyampaian informasi, sehingga terkadang rekan media justru lebih menguasai isu di lapangan, dan sebagai mitra penanggulangan bencana, rekan media di Babel diharapkan bisa memberikan sumbangsih tulisannya. Lalu lomba ketiga, lomba mengkreasi atau membuat poster kebencanaan dan yang ke empat lomba foto kebencanaan," ungkap Putra.

Panitia sendiri telah menyiapkan hadiah yang menarik untuk ketiga lomba tersebut. Semua mata lomba akan diambil juara pertama hingga harapan satu. Dan untuk setiap lomba, untuk juara harapan satu akan mendapat uang Rp 750 ribu ditambah piagam.

Untuk juara ketiga masing-masing mata lomba mendapat uang Rp 1,5 juta plus tropy.

Juara kedua mendapat uang Rp 3 juta plus tropy. Dan untuk juara pertama akan mendapat uang Rp 5 juta plus tropy.

"Kita akan memulai menerima karya peserta sejak tanggal 6 Juli hingga berakhir 30 September 2019. Kami berharap perlombaan ini akan memacu rasa peduli kita terhadap lingkungan dan penanggulangan bencana. Untuk mengetahui persyaratan lomba, bisa mengecek di sosial media Facebook PRB Babel dan Instagram @prbbabel2019, atau bisa ke nomor WhatsApp 081278088886. Ingat, mulai besok hingga tanggal 6 September nanti kami menunggu karya-karya terbaik," tandas Putra. 

Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved