Berita Pangkalpinang

Tiga Penambang Dekat Bandara Depati Amir Pangkalpinang Diciduk

Aktivitas penambangan di sekitar Bandara Depati Amir Pangkalpinang sudah meresahkan

Tiga Penambang Dekat Bandara Depati Amir Pangkalpinang Diciduk
deddy marjaya
Dirkrimsus Kombes Pol Indra Krismayadi saat jumpa pers penangkapan penambang ilegal di kawasan bandara Rabu (3/7/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Aktivitas penambangan di sekitar Bandara Depati Amir Pangkalpinang sudah meresahkan, mereka beraktivitas dengan cara kucing kucingan.

Tiga penambang jenis TI mini diamankan Subdit Tipidter Dit Krimsus Polda Kepulauan Bangka Belitung karena menambang di sebelah pagar bandara. Mereka beroperasi di Jalan Nilam Kampung Dul Kecamatan Pangkalan Baru.

"Aktivitas mereka sudah meresahkan bisa menggangu fasilitas bandara karena menambang persis di samping pagar bandara," kata Kombes Pol Indra Krismayadi Rabu (3/7/2019).

Penambang yang diamankan antara lain Bujang (30) warga Desa Air Mesu, Yudi (33) warga Desa Cambai dan Miskan (42) warga Desa Kace Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka.

Barang bukti yang diamankan antara lain 1 unit mesin tambang, selang monitor, 1 unit mesin tambang merk Sharck, 1 selang tanah dan sejumlah peralatan tambang lainnya.

"Mereka kita jerat dengan pasal 158 UU RI No 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara dengan ancaman hukuman paling lama 10 tahun penjara dan denda paling banyak 10 miliar rupiah," ujarnya

Dijelaskan oleh Dirkrimsus bahwa pihaknya mendapatkan laporan ada aktivitas penambangan hanya beberapa meter dari pagar bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Selanjutnya, dari informasi tersebut anggota Subdit Dit Reskrimsus mendatangi lokasi dan langusng menghentikan aktivitas penambangan di lokasi. Pemilik tidak dapat menunjukkan perizinan tambang yang harusnya dimiliki.

"Jadi yang kita amankan ini pemilik yang mengerjakan sendiri di lokasi," kata Kombes Pol Indra Krismayadi. (Bangkapos/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved