Berita Pangkalpinang

Tingkatkan Budaya Menulis, Kosada Babel Datangkan Penulis Buku Sudja dan Lia Shine

Komunitas Aksara Muda (Kosada) Bangka Belitung mendatangkan penulis novel, Lia Shine dan Sudja penulis buku Potret Dunia Pendidikan.

Tingkatkan Budaya Menulis, Kosada Babel Datangkan Penulis Buku Sudja dan Lia Shine
IST/dok.Kosada Babel
Peserta kelas menulis ilmiah foto bersama dengan penulis novel, Lia Shine dan Sudja penulis buku Potret Dunia Pendidikan, Kamis (4/7/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Komunitas Aksara Muda (Kosada) Bangka Belitung mendatangkan penulis novel, Lia Shine dan Sudja penulis buku Potret Dunia Pendidikan.

Dua penulis muda ini dihadirkan pada Kelas Menulis Ilmiah yang rutin dilaksanakan Kosada Babel setiap minggu di Tin Milenial Hub Pangkalpinang.

Muhammad Tahir selaku Ketua Kosada Babel mengatakan, kegiatan pada Kamis (4/7/2019) kemarin memberikan wawasan dalam bidang literasi, diikuti oleh pelajar dan mahasiswa.

"Bahkan kita kedatangan dua mahasiswa UNSRI (Universitas Sriwijaya) yang sedang libur kuliah. Kebetulan mereka berasal dari Pulau Bangka," ujar Tahir kepada Bangkapos.com, Jumat (5/7/2019).

Kegiatan ini, kata Tahir bertujuan meningkatkan kemampuan seseorang dalam memberikan penilaian kritis terhadap suatu karya tulis.

Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan seseorang merangkai kata yang bermakna dalam menulis.

"Memiliki karya itu penting dalam era revolusi industri 4.0, " ungkapnya.

Sementara itu, Sudja menjelaskan kelas menulis sebagai wadah bagi yang ingin belajar menulis dan ingin berkarya melalui tulisannya.

"Peserta jangan takut gagal. Mereka kita ajarkan berani mencoba untuk berpikir dalam merangkai kata," ujar pria yang memiliki nama lengkap Sabpri Aryanto ini.

Kelas ini juga, lanjut Sudja sekaligus memberi peluang bagi mereka untuk dapat menyalurkan karyanya melalui tulisan sehingga lahirlah penulis-penulis muda Bangka Belitung yang dapat menghasilkan banyak karya.

Kali ini, kepada peserta kelas menulis Sudja menjelaskan tentang dasar menulis esai.

"Hal yang paling menyenangkan dalam menulis esai ialah memulai dengan poin-poin penting. Kemudian buatlah beberapa sub topik dan kembangkan sub topik yang telah kalian buat agar bisa merangkai kata-kata membetuk kerangka esai," katanya kepada peserta.

Ia menambahkan, apabila peserta masih ingin mengetahui lebih dalam dan belajar menulis esai akan dilanjutkan ke pertemuan selanjutnya.

Penulis: Herru W
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved