Berita Bangka Tengah

Menikmati Lubuk Batu Kurau, Mancing Ikan Air Tawar di Kebun Kelapa Sawit dan Rasakan Semilir Angin

Desa Kurau tidak hanya menawarkan wisata hutan mangrove saja. Di Lubuk Batu, juga cocok sebagai destinasi memancing ikan air tawar dan melepas penat

Menikmati Lubuk Batu Kurau, Mancing Ikan Air Tawar di Kebun Kelapa Sawit dan Rasakan Semilir Angin
Bangka Pos/Alza Munzi
Suasana di Lubuk Batu, Kurau yang cocok untuk pemancing ikan air tawar sambil menikmati ikan bakar di tepi sungai, Sabtu (6/7/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sinar matahari terasa tepat berada di atas kepala. Teriknya membuat gerah dan tubuh cepat berkeringat.

Namun kondisi itu lekas lenyap manakala masuk ke kawasan Lubuk Batu, Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (6/7/2019).

Rimbunan kelapa sawit dan hutan belukar di dua sisi jalan tanah puru sejauh 4 Km itu, membuat suasana teduh dan nyaman.

Di sepanjang jalan itulah, terdapat aliran air yang bermuara ke Sungai Kurau. Di lokasi ini, hidup beragam macam ikan, gabus, betok, baung dan seluang.

"Dulu waktu saya masih SD, tempat menambang pasir kuarsa. Sungai dulu masih luas, sebelum ada kebun kelapa sawit," kata Tomi warga Kurau, mengenang masa kecilnya pada akhir tahun 90-an.

Desa Kurau tidak hanya menawarkan wisata hutan mangrove saja. Di Lubuk Batu, juga cocok sebagai destinasi memancing ikan air tawar dan sekadar melepas penat di bawah rimbunnya pepohonan.

Warga sekitar tak secara khusus menjadikan Lubuk Batu tujuan rekreasi. Hanya saja, warga dari desa sekitarnya kerap mendatangi tempat ini.

"Hampir setiap malam ramai orang ke sini. Kalau di ujung dekat Sungai Kurau ini, biasa mancing udang, sampai malam," ungkap Sabarudin, warga setempat.

Ujung jalan Lubuk Batu ini berakhir di tepi Sungai Kurau, yang ditumbuhi pohon nipah dan tanaman perdu khas tanah berpasir.

Di tepinya, sebuah pohon jambu mete tumbuh rimbun dan pas untuk sekadar berteduh.

Halaman
12
Penulis: Alza MH (day)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved