Dindikbud Jamin Seluruh Tamatan SD Bisa Masuk SMP

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang menjamin seluruh tamatan SD (Sekolah Dasar) bisa masuk kejenjang SMP

Dindikbud Jamin Seluruh Tamatan SD Bisa Masuk SMP
bangka pos/ira kurniati
Kasi peserta didik dan pembinaan karakter Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang, Suwardi 

Dindikbud Jamin Seluruh Tamatan SD Bisa Masuk SMP

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pangkalpinang menjamin seluruh tamatan SD (Sekolah Dasar) bisa masuk kejenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) pada proses penerimaan peserta didik baru 2019.

Kasi peserta didik dan pembinaan karakter Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang, Suwardi, mengatakan, pihaknya menjamin lulusan SD untuk difasilitasi ke sekolah tingkatan berikutnya. Dia pun meminta orangtua agar tidak khawatir mengenai anaknya yang belum diterima di sekolah pilihan. Pihaknya akan melakukan kroscek untuk data siswa dan bagi siswa yang belum diterima di sekolah yang menjadi pilihannya, Dindikbud akan menyebarluaskan ke sekolah yang daya tampunya masih sedikit. Diketahui jumlah lulusan SD tahun ini sebanyak 3925 siswa.

"Kami jamin itu, tetapi dengan catatan. Tidak boleh memaksa, memaksa dalam artian harus di sekolah tertentu, sekolah negeri pilihan nya," kata Suwardi, Senin (8/7/2019).

Dia menyebut, sekolah negeri dan swasta pada dasarnya memiliki persamaan dalam pelaksanaan pendidikan. Tinggal bagaimana motivasi dan minat belajar dalam diri anak tersebut serta pengawasan dari orangtua. Pihaknya berharap dengan sistem zonasi dan pentingnya nilai USBN, anak-anak memiliki motivasi dan semangat tinggi dalam belajat sehingga mencetak kualitas mutu pendidikan yang baik untuk Pangkalpinang.

"Dimana pun sekolah, ketika memiliki motivasi Insyallah jadi orang cerdas," pungkasnya.

Selain itu, pihaknya akan melakukan evaluasi dan kajian untuk melihat sarana dan prasarana jika nanti nya akan dibuka rombel (rombongan belajar) lagi untuk menampung peserta didik.

(bangkapos.com / ira kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved