Bupati Basel Sebut Babel Akan Diuntungkan dengan Wacana Jembatan Bangka-Sumatera

Bupati Bangka Selatan (Basel) Justiar Noer menceritakan bagaimana ketertarikannya pada wacana jembatan Bangka-Sumatera (Bahtera).

Bupati Basel Sebut Babel Akan Diuntungkan dengan Wacana Jembatan Bangka-Sumatera
Bangka Pos/Dedi Qurniawan
Bupati Basel Justiar Noer di gedung Mahligai, Rumdin Gubernur, Rabu (10/7/2019) 

Bupati Basel Sebut Babel Akan Diuntungkan dengan Wacana Jembatan Bangka-Sumatera

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka Selatan (Basel) Justiar Noer menceritakan bagaimana ketertarikannya pada wacana jembatan Bangka-Sumatera (Bahtera).

Menurut dia, jika jembatan ini bisa dibangun, maka Bangka Selatan, atau Babel umumnya, akan diuntungkan.

Jembatan Bahtera diharapkan bisa menjadi jalur baru bagi jalur Sumatera. Pasalnya, selama ini jalur darat Sumatera hanya bisa dilalui dari Aceh-Lampung, tidak lewat Babel.

"Provinsi yang kena itu-itu saja, kenapa Babel tidak kena, saya ajak Pak Gub coba tarik ke sini dari Sumsel itu. Jarak terdekatnya ke Babel itu ada di Bangka Selatan," kata Justiar di Gedung Mahligai, Rumdin Gubernur, Rabu (10/7/2019)

Ia tak setuju jika kemudian keberadaan jembatan itu nantinya dianggap bisa memberikan dampak negatif bagi Babel. Justru sebaliknya, keberadaan jembatan itu bisa membawa dampak positif bagi Babel.

"Pagaralam, Muara Enim, Tanjungenim itu tidak punya laut untuk wisata. Mereka bisa ke sini lewat jembatan itu. Kemudian sayur dari Pagaralam sana juga bisa masuk ke sini," kata Justiar

Saat ini Basel tengah berupaya mengembangkan kawasan industri Sadai, Bangka Selatan. Ada sekitar 400 hektare yang sudah dibebaskan untuk ini.

Kawasan ini bisa dikembangkan untuk pelabuhan ekspor, kilang minyak, kawasan berikat. Keberadaan jembatan Bahtera diharapkan bisa semakin membuat kawasan industri semakin berkembang.

Basel, kata dia, sudah diuntungkan dengan kondisi geostrategis karena dekat dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I. MoU antara Sinomach Group dengan PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S) dan PT Ration Bangka Abadi telah memulai pembangunan di kawasan tersebut.

"Jadi kami lagi memperjuangkan pembangunan jembatan di sana karena ada anchor pembangunan industri di sana," kata Justiar. (bangkapos.com/ Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved