Berita Bangka Selatan

Polres Basel Gelar Patroli Rutin Setelah Kapal Trawl Ditemukan Masih Beroperasi di Perairan Toboali

Patroli rutin ini menyusul kabar kembali maraknya aktivitas kapal trawl yang beroperasi di perairan Toboali, Bangka Selatan.

Polres Basel Gelar Patroli Rutin Setelah Kapal Trawl Ditemukan Masih Beroperasi di Perairan Toboali
Dokumen Bangka Pos
Kapolres Bangka Selatan AKBP Aris Sulistyono SH,MH 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Sat Polair Polres Bangka Selatan melakukan patroli di perairan Toboali, Bangka Selatan.

Patroli rutin ini menyusul kabar kembali maraknya aktivitas kapal trawl yang beroperasi di perairan Toboali, Bangka Selatan.

Kapolres Bangka Selatan AKBP Aris Sulistyono menyebut masih ditemukan aktivitas kapal trawl, namun yang berkapasitas kecil. Sementara untuk tambang inkonvensional (TI) apung belum terdeteksi.

"Untuk patroli tim gabungan masih ditemukan aktivitas kapal trawl. itupun trwal kecil, untuk itu DKP harus membina DKP, untuk TI laut belum terdeteksi namun tetap kami pantau," ujar Kapolres Basel AKBP Aris Sulistyono, Rabu (10/7/2019)

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bangka Belitung, Dasminto membenarkan jika pihaknya telah menerima berkas perkara empat kapal trawl yang beroperasi di perairan Toboali, Bangka Selatan.

Namun diakui Dasminto, Kapten dan ABK Kapal Trawl tersebut tidak ditahan dan hanya dikenakan sanksi pembinaan lantaran masuk kategori nelayan kecil sesuai BAP yang disampaikan kepolisian kepada pihaknya.

"Benar sudah ditangani penyidik kami. Berkasnya dipegang Pak Sudarsono. Intinya karena ini nelayan kecil. Sesuai BAP dari pihak kepolisian, Sehingga kalau nelayan kecil, hanya alatnya yang kami sita untuk nelayannya kami lakukan pembinaan," ujar Dasminto kepada wartawan melalui sambungan telepon, Rabu (10/7/2019)

Empat kapal trawl yang beroperasi di wilayah perairan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan diamankan tim gabungan Dit Polair Polda Babel dan Polres Bangka Selatan.

Penyidikan serta proses hukum empat kapal trawl tersebut dilimpahkan ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kepulauan Bangka Belitung.

Hal ini diungkapkan Kapolres Bangka Selatan AKBP Aris Sulistyono usai upacara peringatan HUT Polri ke 73 di halaman Polsek Toboali, Rabu (10/7/2019)

"Baru baru ini kami dan Dit Polair Polda, mengamankan empat kapal trawl yang beroperasi di perairan Toboali. Saat ini perkara empat kapal trawl itu dilimpahkan ke DKP," ujar Aris, Rabu (10/7/2019)

(Bangka Pos/Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved