Berita Pangkalpinang

21 Warga Taman Sari Dilatih Mengurus Jenazah

Narasumber pelatihan, Ustadz Syafi’i Salim memberikan materi, berupa teori dan praktek tata cara mengurus jenazah

21 Warga Taman Sari Dilatih Mengurus Jenazah
Bangkapos/Edwardi
Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang wilayah Kecamatan Taman Sari, Ustadzah Trisnawati Arnia Ningsih dan Mulyani bekerjasama dengan Penyuluh KB Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Pangkalpinang, Auzi, menggelar pelatihan mengurus jenazah di Masjid Al Ulya Kecamatan Taman Sari, Kamis (11/07/2019). 

BANGKAPOS.COM - Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang wilayah Kecamatan Taman Sari, Ustadzah Trisnawati Arnia Ningsih dan Mulyani bekerjasama dengan Penyuluh KB Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Pangkalpinang, Auzi, menggelar pelatihan mengurus jenazah di Masjid Al Ulya Kecamatan Taman Sari, Kamis (11/07/2019).

Narasumber pelatihan, Ustadz Syafi’i Salim memberikan materi, berupa teori dan praktek tata cara mengurus jenazah diikuti 21 orang tokoh agama dan masyarakat Kecamatan Taman Sari.

Ustadz Syafi’i Salim menjelaskan secara gamblang tata cara nengurus jenazah, mulai dari ketika calon jenazah menghadapi sakaratul maut, memandikan jenazah, mengkafani, hingga mensholatkannya.

Para peserta terlihat antusias mengikuti dan mempraktekkan setiap materi yang diberikan.

Sementara Ustadzah Trisnawati mengatakan Penyuluh Agama Islam merupakan ujung tombak Kementerian Agama yang memiliki peranan cukup besar di tengah-tengah masyarakat.

Sebagai wujud tanggungjawab dan pelaksanaan tugas sebagai penyuluh agama Islam, maka berinisiatif menggandeng Penyuluh KB Dinkes PPKB Kota Pangkalpinang untuk mengadakan kegiatan pelatihan mengurus jenazah ini, sehingga diharapkan tercipta kaderisasi di masyarakat untuk nengurus jenazah.

"Kehadiran Penyuluh Agama Islam diharapkan dapat memberikan pencerahan dan dapat membimbing masyarakat dalam melaksanakan ajaran agama Islam secara baik dan benar, serta dapat membantu dalam setiap persoalan yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang agama Islam, termasuk dalam hal pengurusan jenazah," katanya.

Sedangkan Penyuluh KB Dinkes PPKB Kota Pangkalpinang, Auzi menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pelatihan dan pembelajaran mengenai tata cara pengurusan jenazah kepada para peserta, dengan harapan agar dapat meningkatkan pemahaman peserta terhadap prosesi pengurusan jenazah.

"Diharapkan usai pelatihan ini para peserta dapat mengamalkan ilmu yang telah didapatkan dalam kehidupan bermasyarakat," harapnya. (Bangkapos.com/Edwardi)

Tags
jenazah
Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved