Berita Sungailiat

Lindungi Konsumen, Hewan Kurban di Kabupaten Bangka Bakal Ditandai Kalung Tanda Sehat

Hewan kurban di setiap konter penjualan yang ada di Kabupaten Bangka bakal diperiksa kesehatan serta dipakaikan kalung

Lindungi Konsumen, Hewan Kurban di Kabupaten Bangka Bakal Ditandai Kalung Tanda Sehat
Bangkapos.com/Nurhayati
Tim Dokter Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka saat melakukan pemeriksaan hewan ternak di tempat penjualan hewan kurban di penjualan sapi kurban milik Sanafi, Rabu (23/8/2017).  

BANGKAPOS.COM-- Hewan kurban di setiap konter penjualan yang ada di Kabupaten Bangka bakal diperiksa kesehatan serta dipakaikan kalung untuk menandai bahwa hewan tersebut bebas dari penyakit oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bangka.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman, mengatakan, bahwa pemeriksaan itu mereka lakukan untuk menjaga kesehatan hewan kurban menjelang Idul Adha nantinya.

"Melindungi masyarakat baik itu hewan kurban sapi dan kambing, nanti ada teks sehat yang dikalungkan di leher, nanti kita akan ke konter konter tempat penjualan hewan, kami yang datangi, ada kalung khusus, di setiap hewanya, bila sudah diperiksa dan dinyatakan sehat,"ungkap Kemas kepada wartawan, Kamis (11/7/2019).

Kemas menambahkan pemeriksaan dilakukan dalam upaya melindungi masyarakat dari penyakit yang timbul di badan hewan kurban nantinya.

"Biar masyarakat yang ingin membeli sapi atau kamping di konter pinggir jalan, bila belum ada kalung tidak usah di beli kami akan, memeriksa, sebentar lagi akan kami laksanakan melakukan pengecekan hewan begitu sudah ada yang mulai berjualan nantinya,"imbau Kemas.

Setelah, memberikan tanda kalung di setiap hewan nantinya, Kemas mengatakan bahwa hewan tersebut telah terjamin kesehatanya.

"Bukan sampai disitu saja, pada pemotongan nanti yang dilakukan di masjid, dan tempat lainya, kami kontrol untuk melihat kesehatan paru dan jantungnya, ada cacing pita atau tidak, bila ada maka akan dimusnakan," jelas Kemas.

Untuk  pemeriksaan hewan kurban tersebut pihaknya mengikusertakan  dokter hewan yang melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban di Kabupaten Bangka.

"Kita ada dokter hewan empat orang mereka ini yang diberi tanggung jawab akan turun ikut, memeriksa hewan mengecek kesehatan hewan didalamnya,"katanya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved