Berita Pangkalpinang

Wagub Babel Soroti Desa yang Belum Miliki BUMDes

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah menyoroti banyaknya desa di Babel yang belum memiliki Badan Usaha Milik Desa

Wagub Babel Soroti Desa yang Belum Miliki BUMDes
BANGKA POS / DEDY Q
Acara yang digelar DPMD Babel yang mengundang seluruh BUMDes di Babel, Kamis (11/7/2019). Acara ini digelar di Gedung Mahligai, Rumdin Gubernur 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah menyoroti banyaknya desa di Babel yang belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Ini ia sampaikan saat membuka acara yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Babel yang mengundang seluruh BUMDes di Babel, di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur, Kamis (11/7/2019).

Fatah merinci, dari 60 desa di Bangka Barat baru terbentuk 35 BUMDes, Basel 47 BUMDes dari 50 desa, Belitung 32 BUMDes dari 42 desa, Beltim 35 BUMDes dari 39 desa. Adapun seluruh desa di Bateng dan Bangka disebut telah memiliki BUMDes.

"Kondisi ini menunjukkan mungkin ada kepala-kepala desa yang masih baru sehingga belum sempat membentuk BUMDes-nya," kata Fatah.

Para pengurus BUMDes di Babel akan mendapatkan sosialisasi dari Kepala DPMD Babel Yuliswan, Direktur BUMD, PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S) Saparuddin, dan pakar ekonomi, Syafii Antonio.

Fatah mengingatkan agar desa perlu mengidentifikasi terlebih dahulu potensi dan karakteristik desa masing-masing.

Dia juga mengingatkan agar desa bisa menentukan prioritas pembangunannya dalam menggunakan keuangan desa. BUMDes misalnya diingatkan untuk tidak boros dengan melakukan studi banding yang tidak tepat sasaran dan tujuan.

"Studi banding yang tidak relevan dan tidak sama kondisinya dengan desa ini yang menjadi pemborosan, dan menguras modal BUMDes," ucap dia.

(Bangka Pos/ Dedy Qurniawan)

Bocah Pangkalpinang Tewas Masuk ke Dalam Paku Bumi di Pelabuhan Tanjung Api-api

Kronologis dan Evakuasi Bocah Asal Pangkalpinang Masuk Lubang Paku Bumi di Tanjung Api Api Palembang

Kronologi Kahfi Al Ahzam Terjatuh di Lubang Paku Bumi Tanjung Api-Api hingga Berakibat Meninggal

Subscribe youtube Bangka Pos

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved