Berita Pangkalpinang

200 Pegawai Pemkot Lakukan Pengukuran Kebugaran Jasmani

Dinas Kesehatan Pangkalpinang melakukan pengukuran kebugaran jasmani di kalangan OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

200 Pegawai Pemkot Lakukan Pengukuran Kebugaran Jasmani
Bangkapos/irakurniati
Pengukuran kebugaran jasmani dilakukan Dinas Kesehatan Pangkalpinang, Jumat (12/7/2019) 

BANGKAPOS.COM - Dinas Kesehatan Pangkalpinang melakukan pengukuran kebugaran jasmani di kalangan OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Kegiatan ini pertama kali diadakan dilingkup pemerintah kota Pangkalpinang.

Sekitar 200 pegawai baik itu ASN maupun non ASN ikut serta melakukan tes ini. Pengukuran kebugaran yang diikuti mulai dari pengukuran tekanan darah, pemanasan, kemudian lari 1,6 kilometer. Melakukan pendinginan dan setelah itu pemeriksaan penyakit tidak menular.

Plt. Kepala dinas kesehatan Pangkalpinang, Suriyanto, melalui kasi kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olahraga, Widya Eva Sari, mengatakan, pengukuran kebugaran akan dilakukan rutin setiap tahun nya sebanyak satu hingga dua kali. Tujuannya mengecek kemampuan jasmani pegawai untuk mendukung kinerja sehari-hari.

Dari hasil konsultasi yang didapatkan setelah pengecekan, akan diberikan rekomendasi dokter apa yang harus diperbaiki untuk memperbaiki tingkat kebugaran tersebut.

"Kemampuan vital jantung dan paru melakukan aktivitas setelah itu tidak mengalami kelelahan. Berarti tingkat kebugaran bagus, kelelahan yang dialami tidak berarti. Kita cek kebugaran nya, ada tingkatannya. Karena yang sehat belum tentu bugar, tetapi kalau bugar sudah pasti sehat," ujar Widya kepada bangkapos.com, Jumat (12/7/2019).

Widya menyebut tingkat kebugaran yang minimal harus dicapai pegawai yakni kategori baik. Perempuan dan laki-laki memiliki kartu kebugaran yang berbeda.

(bangkapos.com / ira kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved