Berita Bangka Tengah

Tiga Kali Terdampar, Penyu yang Ditemukan di Pantai Amir Arung akan Dilepaskan Perairan Ketawai

Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Bangka Tengah kembali menemukan penyu yang terdampar di Pantai Amir Arung

Tiga Kali Terdampar, Penyu yang Ditemukan di Pantai Amir Arung akan Dilepaskan Perairan Ketawai
bangkapos.com/Tomi
Penyu yang terdampar di Pantai Amir Arung Dalam 

BANGKAPOS.COM--  Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Bangka Tengah kembali menemukan penyu yang terdampar di Pantai Amir Arung Dalam pada Senin, (15/7/2019).

Kepala BPB Bangka Tengah, Jauhari menyebutkan sebelumnya penyu yang sama sudah tiga kali terdampar di peraian pantai.

Pertama kali ditemukan terdampar di Pantai Tanjung Langka seminggu sebelumnya. Setelah itu telah didorong ke laut, namun tiga hari kemarin penyu kembali terdampar di Pantai Sumur Tujuh dan lagi didorong ke laut.

"Hari ini kami kembali menemukan penyu yang terdampar di Pantai Amir, namun karena kondisi pantai yang dangkal kami meminta bantuan Yasir (Pengelola Hutan Magrove Desa Kurau Barat) untuk mengamankan penyu tersebut," kata Jauhari.

Dengan bantuan Yasir, Jauhari berharap penyu yang telah terdampar tersebut dapat dilepas di laut kembali yang dalam sehingga tidak terdampar.

Diamankan Di Magrove Munjang

Pengelola Hutan Mangrove Desa Kurau Barat, Yasir membenarkan pihaknya telah menerima seekor penyu yang terdampar di Pantai Amir Arung Dalam oleh BPB Bangka Tengah untuk diamankan.

Pengamanan Penyu diserahkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bangka Tengah karena mengingat kondisi pantai di beberapa wilayah di Koba yang dangkal sehingga meminta bantuan kepada pihaknya.

Menurut Yasir ketika dihubungi, ukuran penyu yang terdampar tersebut yakni sekitar 180 kilogram sehingga memilih untuk mengamankan di area mangrove (tambak) Munjang sebagai solusi sementara.

"Kalau melihat kondisi fisik penyu, seharusnya dikarantina karena sudah dilepas oleh masyarakat tetapi masih terdampar," kata Yasir, Senin, (15/7/2019).

Untuk itu Yasir berupaya untuk melakukan karantina terhadap penyu di lokasi Mangrove Munjang selama dua hari mendatang yang diperbantukan dari Polair Bateng dan BPB Bateng.

Setelah itu, jika tidak ada halangan pada Sabtu, (20/7/2019) Yasir menyebutkan akan melepaskan penyu ke Perairan Ketawai. (Bangkapos,com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved