Berita Pangkalpinang

Zirkon Masih di Kawàsan Pangkal Balam, Tongkang Hanya Bergeser ke Tengah dan Lego Jangkar

Pihak otoritas pelabuhan memastikan tongkang Berkat Mandiri 33 bermuatan zirkon belum bertolak dari kawasan Pelabuhan Pangkalbalam.

Zirkon Masih di Kawàsan Pangkal Balam, Tongkang Hanya Bergeser ke Tengah dan Lego Jangkar
deddy marjaya
Kombes Pol Indra Krismayadi dan PH KSOP Pangkalbalam saat jumpa pers Senin (15/7/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pihak otoritas pelabuhan memastikan tongkang Berkat Mandiri 33 bermuatan zirkon belum bertolak dari kawasan Pelabuhan Pangkalbalam.

Tongkang tersebut hanya bergeser ke tengah dan lego jangkar.

Menurut PH KSOP Pangkalbalam Hasoloan Siregar Senin (15/7/2019) ini terjadi karena pihaknya belum mengeluarkan surat izin berlayar (SIB). Pasalnya pihak agen belum mengajukan permintaan berlayar dan belum ada syarat syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan SIB yang diteirina.

"Mereka (tongkang Berkat Mandiri-red) hanya bergeser dari dermaga ke tengah lego jangkar belum meninggalkan kawasan pelabuhan Pangkal Balam," kata Hasoloan Siregar saat jumpa pers di Dirkrimsus Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Hasoloan Siregar mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan clear out dari pihak agen. Padahal barang muatan sudah selesai dipindahkan ketongkang tiga hari lalu.

Namun hingga saat ini pihak agen belum melakukan upaya untuk mendapatkan izin berlayar. Padahal dampak dari belum berangkatnya kapal tentunya biaya operasional mereka membengkak.

"Risikonya yah biaya operasional mereka membengkak karena menunda keberangkatan," kata Hasoloan Siregar.

Sementara itu Dirkrimsus Kombes Pol Indra Krismayadi mengatakan pemberitaan selama ini terkait pengiriman menurutnya telah menciderai iklim investasi di Bangka Belitung. Sebab banyak pihak yang ingin berinvestasi disini yang berdampak menyedot tenaga kerja.

Terkait keberadaan tongkang yang dimuat mineral ikutan berupa Zirkon setelah mendapatkan informasi pihaknya langsung turun kelapangan. Pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap dokumen perusahaan.

"Hasil pemeriksaan yang kita lakukan dipastikan Zirkon tersebut legal," kata Kombes Pol Indra Krismayadi.

Halaman
12
Penulis: deddy_marjaya
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved