Berita Pangkalpinang

39 Desa di Babel Belum Punya BUMDes, Yuliswan Minta Kades Segera Bentuk dan Angkat Potensi Desa

Kepala Dinas Pemberdaayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangka Belitung Yuliswan mengatakan, pihaknya mendorong agar seluruh desa segera memiliki BUMDes

39 Desa di Babel Belum Punya BUMDes, Yuliswan Minta Kades Segera Bentuk dan Angkat Potensi Desa
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Kepala DPMD Babel Yuliswan 

BANGKAPOS.COM-- Sebanyak 39 dari 309 desa di Bangka Belitung belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kepala Dinas Pemberdaayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kepulauan Bangka Belitung Yuliswan mengatakan, pihaknya mendorong agar seluruh desa di Babel ini segera memiliki BUMDes.

Dia mengatakan BUMDes diperlukan bagi pemerintah desa untuk meningkatkan pendapatan mereka. "Baru 270 yang punya BUMDes dari 309 desa di Babel. Jadi tinggal 39 lagi yang belum memiliki BUMDes. Kami mendorong kepada kadesnya segera bentuk,"kata Yuliswan, Selasa (16/7/2019).

Menurut Yuliswan, keberadaan BUMDes juga bisa memberdayakan masyarakat dan menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar desa. Karena itu, desa diminta untuk segera membentuk BUMDes sesuai potensi desanya masing-masing.

Saat ini, sejumlah desa dinilai mulai menggerakkan BUMDes-nya dan mulai mendapatkan keuntungan.
"Kami sudah pernah bawa kepala desa ke Yogyakarta. Di sana, tempat wisatanya dikelola desa, dan orang untuk selfie itu bayar. Maksud kami ini jadi contoh. Kami meminta ini segera," tegas Yuliswan.

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved