Anggaran Rp 10 Triliun untuk Program Kartu Pra Kerja Jokowi, Uangnya Bukan untuk Gaji Pengangguran

Anggaran Rp 10 Triliun untuk Program Kartu Pra Kerja Jokowi, Uangnya Bukan untuk Menggaji Pengangguran

Anggaran Rp 10 Triliun untuk Program Kartu Pra Kerja Jokowi, Uangnya Bukan untuk Gaji Pengangguran
Kompas TV
Jokowi bersama Maruf Amin 

BANGKAPOS.COM -- Tiga kartu baru yang jadi janji Presiden Joko Widodo saat kampanye dipastikan diterapkan pada tahun 2020. Kartu Pra Kerja, Kartu Indonesia Pintar Kuliah dan Kartu Sembako.

Melansir artikel laman setkab.go.id, Menteri Keuangan Sri Multani Indrawati membeberkan sejumlah program kerja Presiden Joko Widodo di tahun 2020.

Beberapa di antaranya adalah belanja negara terkait program yang menjadi janji presiden.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah akan ditambah jumlah beasiswa baru, dari saat sekitar 380 siswa akan ada tambahan baru sekitar 400.000 siswa, yang akan dijaga pada 4 tahun ke depan.

Jadi totalnya nanti akan mencapai 780.000 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, sehingga anggarannya juga bertambah dari Rp4,8 triliun menjadi Rp7,6 triliun.

“Dengan demikian ada dua kali lipat jumlah beasiswa untuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah,” ujar Menkeu.

Selain itu, pemerintah juga akan mendesain lebih dari Rp10 triliun untuk Kartu Pra Kerja, yaitu satu juta melalui pelatihan digital dan satu juta untuk pelatihan reguler.

Saat ini, lanjut Menkeu, desain programnya masih dibahas diantara menteri terkait di bawah koordinator Menko Perekonomian.

Presiden Joko Widodo pada masa kampanye Maret 2019 lalu memberikan penjelasan mengenai dana insentif untuk pemegang Kartu Pra Kerja yang nantinya akan diluncurkan. Menurut Jokowi, insentif tersebut bukan berarti memberikan gaji kepada pengangguran.

"Bukannya memberikan gaji pada yang nganggur. Jadi kalau ada isu itu harus bisa jawab," ujar Jokowi saat menjadi pembicara dalam Festival Satu Indonesia di Gedung Istora Senayan, Jakarta, Minggu (10/3/2019).

Halaman
123
Penulis: Teddy M (tea)
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved