Berita Pangkalpinang

Ikut Lelang Sekda Babel, Naziarto : Saya Coba-Coba tetapi Serius

Dari keenam nama yang sebelumnya sudah santer beredar mendaftar seleksi terbuka (populer disebut lelang) jabatan Sekretaris Daerah Bangka Belitung

Ikut Lelang Sekda Babel, Naziarto : Saya Coba-Coba tetapi Serius
Ist
Direktur Penanganan Fakir Miskin Wilayah I Kemensos RI, DR, Naziarto 

BANGKAPOS.COM-- Dari ke enam nama yang sebelumnya sudah santer beredar mendaftar seleksi terbuka (populer disebut lelang) jabatan Sekretaris Daerah Bangka Belitung, ternyata ada nama yang cukup menarik perhatian, yakni Naziarto.

Naziarto adalah Analis Pengelola BMN (Barang Milik Negara) Setjen Kementerian Sosial RI. Dia sebenarnya bukan orang "asing" di birokrasi Babel karena pernah menjadi Kepala Dinsos Babel, pernah menjabat Sekretaris Daerah Basel, hingga pernah menjadi Calon Wakil Bupati Bangka saat mendampingi Rudianto Tjen pada Pilbup Bangka 2008-2013.

Dia mengatakan, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), ia ikut lelang itu karena diumumkan secara terbuka, termasuk ke luar Babel. Dia menganggap seleksi terbuka itu adalah bentuk kenginan Pemprov Babel untuk membuka nuansa baru wajah birokrasi yang terbuka dan akuntabel.

"Makanya saya tertarik ikut. Ingin coba-coba, tetapi serius. Karena kan ditantang lewat website, itu artinya serius," kata Naziarto dihubungi Bangka Pos, Selasa (16/7/2019)

Oleh Naziarto, ini adalah peluang dan tantangan baginya untuk "pulang kampung". Naziarto telah sekitar 11 tahun berkarir sebagai ASN di luar Babel.

Naziarto diketahui berkarir di Kemensos RI setelah ia sempat menjadi Cawabup Bangka berpasangan dengan Rudianto Tjen pada Pilbup 2008-2013 lalu.

"Babel sebagai ibu kandung, dan saya kepengin kembali ke ibu pertiwi, ibu kandung. Selama ini saya rasa sudah cukup di luar, di rantau, sudah belasan tahun," ucapnya.

Nama Naziarto menarik karena ia satu-satunya peserta dari luar Babel yang ikut lelang Sekda Babel.
Sebanyak enam dari tujuh pendaftar seleksi terbuka (populer disebut lelang) jabatan Sekretaris Daerah Bangka Belitung dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Selain Naziarto, ada nama Ferry Insani. Ferry misalnya pernah menjadi Sekda Pangkalpinang, Sekda Bangka dan beberapa Kepala Dinas di beberapa lingkungan pemerintah daerah sebelum akhirnya sampai pada jabatannya saat ini yakni sebagai Kepala Bappeda Babel.

Selain kedua nama itu, ada nama Tajuddin (Kepala Dinas Perhubungan Babel), Sahirman (Kepala BKPSDM Babel), Susanti (Kepala Badan Pemberdayaan Peremuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk dan KB Kepulauan Babel), dan Yanuar (Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Babel). Mereka semua juga diketahui telah malang melintang di dunia birokrasi di Bangka Belitung.

Satu dari tujuh pendaftar yang kemudian tersisih adalah Rofiko Mukmin, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Babel. Dia tak lolos pendaftaran karena tidak melampirkan surat rekomendasi/persetujuan Gubernur Babel.

"Dari tujuh orang pendaftar, yang memenuhi syarat terdapat enam orang. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat satuborang a.n Dr. Rofiko karena tidak melampirkan surat rekomendasi/ persetujuan dari PPK (gubernur)," kata Sekretaris Panitia Seleksi, Zayadi Hamzah, Selasa (16/7/2019).                         (Bangkapos.com/ Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved