Berita Pangkalpinang

Serapan Anggaran PAD Kota Pangkalpinang Baru 41,65 Persen

Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk target pendapatan asli daerah pada semester I baru terealisasi 41,65 persen dari target sekitar Rp 143 Milyar

Serapan Anggaran PAD Kota Pangkalpinang Baru 41,65 Persen
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Plt Kepala bakuda Pangkalpinang, Budiyanto 

BANGKAPOS.COM-- Plt Kepala Badan Keuangan Daerah Pangkalpinang, Budiyanto mengatakan, serapan anggaran di Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk target pendapatan asli daerah pada semester I (enam bulan terakhir) baru terealisasi 41,65 persen dari target sekitar Rp 143 Milyar.

Sedangkan untuk belanja langsung yang dilaksanakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait program kegiatan, terealisasi 23 persen.

Budiyanto mengatakan, serapan ini masih terbilang kecil. Penyerapan anggaran minimal terealisasi 50 persen. Penyebab masih terbilang kecil untuk penyerapan ini bisa saja karena berbagai faktor.

Misalnya OPD telah menyelesaikan realisasi fisik tapi tidak segera mencairkan untuk realisasi keuangan. Selama ini OPD dinilai belum siap melaksanakan kegiatan ditahun pertama dan dilakukan ditahun kedua atau ketiga.

"Mungkin harus ditingkatkan kinerja seluruh OPD termasuk di bakuda. Kami berharap realisasi ini segera biar serapan meningkat. Harapannya diawal tahun sudah aktif bekerja melaksanakan kegiatan. Itu harapan kami ditahun selanjutnya," jelas Budiyanto kepada bangkapos.com, Selasa (16/7/2019).

Diakuinya, ditahun-tahun sebelumnya untuk target belum tercapai 100 persen. Menurutnya banyak faktor penyebab tidak tercapainya diangka 100 tersebut, seperti perencanaan dan penganggaran.

Untuk itu yang terpenting sisa uang yang dilaksanakan dari kegiatannya (output) jelas dan bisa dicapai. Kemudian sisa uang itu bisa digunakan untuk tahun selanjutnya. Ke depan pihak bakuda akan mengontrol terkait pelaksanaan dan pencairan.

"Diharapkan oleh kepala daerah ketika tahun anggaran berjalan silahkan OPD melaksanakan kegiatan. Tahun depan OPD diharapkan seperti itu," kata Budiyanto. (Bangkapos.com/Irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved