Berita Sungailiat

Bantah Ada Penurunan Pelayanan, RSJ Babel Terus Berbenah Tingkatkan Sarana dan Prasarana Rumah Sakit

Kepala Bidang Pelayanan Medik Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangka Belitung, Ria Agustine, menjelaskan bahwa, rumah sakit jiwa yang memberikan pelayanan umum

Bantah Ada Penurunan Pelayanan, RSJ Babel Terus Berbenah Tingkatkan Sarana dan Prasarana Rumah Sakit
Bangkapos.com/Riki Pratama
Kepala Bidang Pelayanan Medik Rumah Sakit, Ria Agustine. 

BANGKAPOS.COM-- Kepala Bidang Pelayanan Medik Rumah Sakit  Jiwa (RSJ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ria Agustine, menjelaskan bahwa, rumah sakit jiwa yang memberikan pelayanan umum tipenya D, namun untuk kekhususan jiwanya masih tetap tipe B, sehingga tidak ada penurunan tipe pelayanan rumah sakit. Hanya saja  baru di reviu untuk kelas pelayanan umum.

"Yang disampaikan pada kolom reviu tersebut hanya untuk kelas pelayanan umum tipenya D, artinya pelayanan di luar jiwanya, sementara untuk khusus kejiwanya masih B. Asumsi kami ada mungkin dalam pelayanan umum yang belum memenuhi standar, seperti dari sumber daya manusianya, peralatan, sarana penunjang, itu untuk klarifikasi umum, tetapi kalau klarifikasi khusus kejiwaanya masih tipe B,"jelas Ria kepada bangkapos.com, terkait adanya penurunan tipe yang dikabarkan oleh Kemenkes RI terhadap RSJ Babel.

Tentunya dengan klarifikasi pelayanan umum tipe D, pihak RSJ Babel harus terus berbenah untuk terus meningkatkan, sarana dan prasarana baik dari ruang IGD, layanan poli umum, ruang perawatan yang sesuai dengan standar rumah sakit umum.

"Tetapi memang balik lagi kami belum ada pertemuan internal dari bidang ke direktur, dengan adanya reviu kita juga tidak mau menanggapi santai, namun kesannya ini komitmen bersama, baik dari sumber daya manusia, peralatan, kami akan minta di support penuh, tentunya juga harus ada inovasi memenuhi standar, itu balik lagi kebijakan dan anggaran menjadi perhatian bersama," kata Ria.

Dengan hasil reviu kelas pelayanan umum tipe D, menurutnya pelayanan kelas umum di RSJ Babel terus akan berjalan, karena reviu hanya terjadi di kelas pelayanan dan tidak untuk di kekhususan jiwanya yang masih tetap tipe B.

"Untuk pelayanan umum memang belum pernah dilakukan reviu sebelumnya, sebenarnya bukan istilah turun tetapi memang belum pernah di reviu," tegas Ria. (Bangkapos.com/Riki  Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved