Berita Pangkalpinang

Bayam Jadi Penyumbang Inflasi, Distribusi Sampai Pemasok Keempat Harga Naik Jadi Tiga Kali Lipat

Pada pendistribusian pasokan bayam sudah sampai di tangan keempat sehingga harga beli masyarakat lebih tinggi.

Bayam Jadi Penyumbang Inflasi, Distribusi Sampai Pemasok Keempat Harga Naik Jadi Tiga Kali Lipat
bukalapak
Bayam jepang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Sekda Pangkalpinang, Radmida Dawam mengatakan penyumbang inflasi beberapa bulan terakhir di Pangkalpinang seperti bayam, cabai dan beberapa jenis ikan tertentu.

Bayam dianggap rutin dikonsumsi masyarakat dan menjadi kebutuhan sayur mayur. Ketika harga di pasar naik maka mempengaruhi inflasi. Hal ini karena pada pendistribusian pasokan sudah sampai di tangan keempat sehingga harga beli masyarakat lebih tinggi.

"Misalnya bayam ini di pasar induk harganya Rp 2 ribu, namun sampai pasar-pasar lain dan ditangan masyarakat bisa Rp 6 ribu. Ini karena sudah banyak tangan pemasoknya, sudah tangan keempat," ujar Radmida, yang merupakan Ketua TPID Pangkalpinang, Rabu (17/7/2019).

Sekda Pangkalpinang, Radmida Dawam
Sekda Pangkalpinang, Radmida Dawam (Bangka Pos/Ira Kurniati)

Dia mengatakan, tim pengendali akan melakukan strategi menekan angka inflasi dengan memangkas pendistribusian agar tidak sampai di beberapa tangan. Angka inflasi per Juni 2019 mencapai 0,99 persen. Meski ada tren penurunan dibulan-bulan sebelumnya yakni 4,12 persen, namun pihaknya tetap berupaya menekan sekecil mungkin angka inflasi tersebut.

Radmida juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki lahan di pekarangan rumah bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam, seperti cabai, maupun sayuran untuk dimanfaatkan sebagai keperluan dirumah tangga.

"Kami mengimbau masyarakat yang halaman rumah nya luas, gunakan lah bercocok tanam yang bisa bermanfaat untuk rumah tangga. Nanti juga dari dinas pertanian ada program memberikan bibit tanaman untuk ibu rumah tangga. Akan dikoordinasikan lagi, baik dari PKK, pihak kelurahan melalui RT/RW," pungkasnya.

(Bangka Pos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved