Bu Guru SD yang Terpaksa Tinggal di WC Sekolah Ternyata Cuma Dapat Gaji Rp 350 Ribu per Bulan

Cuma Dapat Gaji Rp 350 Ribu per Bulan, Nining Suryani Guru SD di Banten Terpaksa Tinggal di WC Sekolah

Bu Guru SD yang Terpaksa Tinggal di WC Sekolah Ternyata Cuma Dapat Gaji Rp 350 Ribu per Bulan
ACEP NAZMUDIN/KOMPAS.COM
Nining Suryani mengajar dalam salah satu ruang kelas di SDN Karyabuana 3, Pandeglang, Banten pada Senin (15/7). 

BANGKAPOS.COM, PANDEGLANG - Memiliki gaji yang sangat minim dan nggak mempunyai rumah, seorang guru honorer di SD Negeri Karyabuana 3, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten, terpaksa tinggal dalam WC sekolah.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, guru bernama Nining Suryani tersebut memodifikasi sebagian WC sekolah bersama sang suami, Ebi Suhaebi yang kemudian dipakai menjadi tempat tinggal mereka bersama kedua anaknya dalam dua tahun terakhir.

Keduanya pun diketahui juga menambah ruangan lain di sebelahnya untuk digunakan sebagai kamar, serta tempat berjualan jajanan sekolah.

"Bekas WC jadi tempat masak, kalau tidur di samping WC, ada ruangan dibangun bantuan dari kepala sekolah," ungkap Nining ketika ditemui di SDN Karyabuana 3, Cigeulis pada Senin (15/7).

Bekas WC Disulap Jadi Tempat Masak, Begini Kisah Guru Honorer Tinggal di Toilet Sekolah hingga Gaji

Dalam keterangannya, guru berusia 44 tahun itu menuturkan bahwa pilihan untuk tinggal di WC sekolah sendiri bermula saat rumah yang sebelumnya ditempati beserta keluarga roboh karena bangunannya sudah lapuk.

Selain itu, Nining selama ini hanya mendapatkan gaji sebesar Rp 350 ribu tiap bulan, yang mana membuatnya kesulitan apabila harus menyewa rumah karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masih sangat kurang.

"Gaji saya sebagai guru hanya Rp 350.000, cair tiga bulan sekali,"ceritanya lebih lanjut.

Pihak sekolah pun awalnya diketahui sempat memberikan larangan, tapi akhirnya diberikan izin karena Nining beserta keluarga nggak memiliki tempat lain untuk mereka tinggal, bahkan diberi bantuan berupa kayu untuk memodifikasi WC sekolah tersebut.

"Kepala sekolah membantu belikan kayu, saya dan suami yang bangun. Alhamdulillah bisa nyaman tinggal di sini," tambah Nining.

Meski mengaku nyaman tinggal di WC sekolah, Nining memiliki harapan supaya gajinya bisa naik atau diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), apalagi dia diketahui sudah mengabdi di dunia pendidikan selama 15 tahun.

"Kalau enggak diangkat juga enggak apa-apa, setidaknya ada kebijakan dari pemerintah berapa kenaikan per bulan. Mau kecil mau besar saya ikhlas terima," tutupnya.

Sementara itu, Encep Hadikusuma selaku Sekertaris Camat Kecamatan Cigeulis mengaku prihatin dengan keadaan Nining yang harus tinggal di sekolah, dan akan berupaya untuk memindahkan ibu dua anak tersebut ke tempat lebih layak.

"Kami sudah sepakat dari pihak kecamatan dan guru-guru untuk membuatkan rumah, secepatnya akan dibangun," kata Encep. (*)

Artikel ini telah tayang di https://hai.grid.id/read/071786878/cuma-dapat-gaji-rp-350-ribu-per-bulan-guru-sd-di-banten-terpaksa-tinggal-di-wc-sekolah

Editor: fitriadi
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved