Berita Pangkalpinang

Bujang Dayang Kontes Mencetak Duta Pariwisata Pangkalpinang

Pemilihan Bujang Dayang Kota Pangkalpinang tahun 2019 akan diselenggarakan pada Agustus nanti.

Bujang Dayang Kontes Mencetak Duta Pariwisata Pangkalpinang
Bangkapos/irakurniati
Dayang I Pangkalpinang tahun 2018, Iptah (kanan) dan Bujang Intelegensia tahun 2018, Maalika Mulki 

BANGKAPOS.COM - Pemilihan Bujang Dayang Kota Pangkalpinang tahun 2019 akan diselenggarakan pada Agustus nanti.

Kontes yang diadakan setahun sekali ini, menjaring putra-putri daerah untuk menjadi duta pariwisata sebagai ikon memperkenalkan Pangkalpinang dimata nasional hingga internasional.

Kontes Bujang Dayang bukan hanya sekedar acara seremonial belaka, apalagi tidak semacam kontes yang hanya menunjukkan bakat kecantikan atau ketampanan. Namun melalui ajang ini dapat menjadi wadah bagi muda-mudi menyalurkan bakat dan menantang diri menunjukkan keberanian untuk mewakili generasi muda yang berintelektual, cerdas serta menjunjung perilaku sikap yang baik.

Seperti pengalaman yang dibagikan Dayang I Kota Pangkalpinang tahun 2018, Iptah, dia mengaku lewat ajang ini dapat mengasah dirinya untuk selalu ingin menunjukkan prestasi terbaik yang dia punya.

Bujang Dayang terbentuk dalam satu ikatan, juga menjadi wadah bagi dia dan alumni lain untuk berbagi kepada sesama dan mendukung program pemerintah.

"Banyak hal yang bisa kita dapatin dari Bujang Dayang ini. Kita memang sebagai duta pariwisata nya Pangkalpinang, tetapi ada aspek lain yang juga kita dapatkan. Seperti dibidang pendidikan, melalui program goes to school kami kemarin, atau juga saat Ramadan kami juga turun ke jalan untuk berbagi dengan kaum duafa dan yang membutuhkan. Jadi semua lini bisa kita jangkau, kita bisa berbagi dan belajar didalam ikatan ini," kata Iptah kepada bangkapos.com, Rabu (17/7/2019).

Dia mengatakan, kontes Bujang Dayang bukan hanya dinilai dari siapa yang tercantik, tertampan atau tinggi badan semampai. Ajang ini bisa diikuti generasi muda yang mau dan berani untuk menjadi cantik, tampan, menjadi lebih berintelektual dan berani menantang diri menggapai impian tersebut. Sesuai dengan motto nya yakni 4B (beauty, brain, behavior, bravery).

Kuncinya, menurut Iptah, yakni rasa percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki dan ingin terus belajar mengasah diri, juga berbenah dalam bersikap dan berperilaku.

"Bujang Dayang ini tempat orang berprestasi dan bakal berprestasi. Tidak ada alasan tidak membanggakan, beri dulu penampilan terbaik versi kalian, jangan takut mengenai hasil," pungkasnya.

Iptah menuturkan, kegiatan tidak hanya dilakukan pada saat hendak pemilihan saja. Tetapi terus bergulir selama satu tahun hingga menunggu periode yang mengemban amanah bujang dayang berikutnya.

Kegiatan yang biasa mereka lakukan diprogramkan oleh ikatan bujang dayang. Diinisiasikan oleh para alumni atau anggota yang tergabung, dengan pembiayaan yang terkadang menggunakan dana pribadi secara sukarela para anggota.

Ikatan ini pun mendukung penuh program pemerintah dalam mempromosikan pariwisata Pangkalpinang dan mengapreasiasi langkah pemerintah yang menyatakan ingin memberdayakan Bujang Dayang.

Menurut Iptah, melalui hal ini nantinya dapat semakin mendorong ikatan Bujang Dayang semangat menjalankan tugas mempromosikan pariwisata Pangkalpinang.

Dia mengajak muda-mudi untuk ikut bergabung dan mendaftarkan diri pada pemilihan Bujang Dayang. Nantinya, akan dilakukan berbagai tahap mulai dari psikotes, kemampuan bahasa inggris dan standarisasi seleksi lainnya. Iptah menambah, yang tergabung saat ini dan nantinya dalam ikatan ini merupakan muda-mudi yang memiliki intelegensia yang baik, keberanian yang luar biasa untuk tampil dan menunjukkan prestasi ini. Pendaftaran telah dimulai sejak beberapa hari lalu hingga 29 Juli mendatang.
(bangkapos.com / ira kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved