Berita Pangkalpinang

Dampak Penurunan Tipe RSUP Ir.Soekarno, di Antaranya Pelayanan Jantung Terbatas

Penurunan tipe RSUP Babel (RSUP Ir.Soekarno) dari B ke C akan berdampak cukup luas bagi pelayanan kepada masyarakat.

Dampak Penurunan Tipe RSUP Ir.Soekarno, di Antaranya Pelayanan Jantung Terbatas
Kolase Bangka Pos
RSUP Babel dan Kadinkes Babel Mulyono 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung Mulyono mengatakan, penurunan tipe RSUP Babel (RSUP Ir.Soekarno) dari B ke C akan berdampak cukup luas bagi pelayanan kepada masyarakat.

Penururunan tipe misalnya akan mengakibatkan terbatasnya pelayanan tersier kepada masyarakat seperti pelayanan jantung dan pelayanan rujukan tersier lainnya.

Status RSUP sebagai sister hospital juga akan terpengaruh dengan penilaian ini.

"Karena RSUP itu satu-satunya rumah sakit rujukan provinsi. Ini kami upayakan agar Kemenkes RI tetap menjadikan kelasnya tipe B," kata Mulyono, Rabu (17/7/2019).

Mulyono mengatakan ada dua macam review Kementerian Kesehatan RI terhadap rumah sakit di Babel. Pertama, review kelas rumah sakit umum dan kedua review khusus rumah sakit pada khusus.

Di Babel rumah sakit yang kelasnya turun rumah sakit umum Provinsi Babel dari B menjadi C, dan rumah sakit Bangka Selatan yang turun dari C menjadi D.

"Yang betul-betul turun itu dua rumah sakit ini," kata Mulyono

Sementara rumah sakit khusus seperti RSJ Babel misalnya, penurunan yang terjadi hanya terjadi di layanan penunjang yang turun menjadi kategori D. Sementara pelayanan kesehatan jiwa tetap tipe B.

"Jadi pelayanan kesehatan jiwanya tetap B. Artinya penurunan itu hanya sebagian untuk rumah sakit khusus," ucapnya.

Mulyono mengatakan, ada waktu 28 hari bagi rumah sakit untuk menyampaikan sanggahan atas review yang dilakukan Kemenkes RI ini.

"Kami akan mengupayakan ini, khususnya untuk RSUP Provinsi dan RSU Basel, karena kekurangan rumah sakit ini hanya terkait masalah SDM saja. Secara administrasi, Babel sebenarnya cukup (baik)," kata dia.

Di Babel, ada lima rumah sakit yang mengalami penurunan tipe. Mereka di antaranya adalah RSP Babel, RS Almah, RSJ Babel, RSU Basel, dan RS Muhaya.

(Bangka Pos / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved