Berita Pangkalpinang

Dua Jemaah Calon Haji Asal Babel Diopname di Madinah

Dua jemaah yang saat ini sedang sakit,Ridwan mengatakan jika hal ini sangat wajar terjadi karena prosesi keberangkatan JCH ini memakan tenaga

Dua Jemaah Calon Haji Asal Babel Diopname di Madinah
Bangka Pos/Muhammad Rizki
Kakanwil Kemenag Babel, Muhammad Ridwan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Muhammad Ridwan mengatakan jika secara umum Jemaah Calon Haji (JCH), asal Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada saat ini dalam keadaan baik.

Namun ada dua jemaah yang saat ini sedang sakit, jemaah tersebut berasal dari kloter 7 yang menurut Ridwan dikarenakan sudah sangat sepuh yang saat ini berusia 81 tahun, sehingga jemaah tersebut mengalami kelelahan.

Sedangkan satu jemaah lagi berasal dari kloter 9, yang menurut pemeriksaan tim medis dinyatakan terkena penyakit herpes. Sehingga kedua jemaah tersebut harus diopname di rumah sakit.

Lebih lanjut Kasubag Humas dan Informasi Ridwan Yuniarto mengatakan jika sebenarnya Herpes adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, dan tidak berbahaya. Namun dikarenakan di Arab Saudi penyakit apapun menjadi perhatian, apa lagi penyakit tersebut berpotensi menular. Maka JCH tersebut diharuskan diopname untuk menjalani pelayanan kesehatan terlebih dahulu.

Sebelumnya ada 8 orang JCH asal Babel yang sempat dirawat di klinik, namun hal tersebut hanya bersifat pengobatan rutin. Sehingga bisa langsung melakukan aktivitas seperti JCH lainnya.

"Pengobatan biasa seperti pengecekan tensi, dan pengobatan lain yang bersifat sementara, namun tidak sampai dirawat," ujar Ridwan, Rabu (17/7) diruang kerjanya.

Ridwan mengatakan jika hal ini sangat wajar terjadi karena prosesi keberangkatan JCH ini memakan tenaga yang cukup banyak. Mulai dari pelepasan di Asrama Haji Bangka Belitung, pindah ke embarkasi Palembang, tes kesehatan terakhir, perekaman biometrik, dan keesokan harinya harus berangkat ke Madinah pada pukul 10.00 WIB. 

(Bangka Pos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved