Enam Puluh Delapan Guru IPS Se-Indonesia Mengikuti Kegiatan Inti Bangsa di Babel

Sebanyak 68 Guru IPS dari 34 provinsi se-Indonesia, mengikuti kegiatan Internalisasi Nilai Kebangsaan (INTI BANGSA) yang diadakan di Bangka Belitung

Enam Puluh Delapan Guru IPS Se-Indonesia Mengikuti Kegiatan Inti Bangsa di Babel
istimewa/Khalimo
Enam Puluh Delapan Guru IPS Se-Indonesia Mengikuti Kegiatan Inti Bangsa di Babel 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Sebanyak 68 Guru IPS dari 34 provinsi se-Indonesia, mengikuti kegiatan Internalisasi Nilai Kebangsaan (INTI BANGSA) yang diadakan di Bangka Belitung. Para guru ini merupakan guru-guru berprestasi, berdedikasi dan berkomitmen dalam menguatkan kesadaran akan nilai-nilai kebangsaan.

Para guru tersebut disambut hangat oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Yanuar, bersama Kepala Dinas Pariwisata, Rivai, di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, dalam acara malam ramah tamah, Selasa (16/07).

Disampaikan oleh Triana Wulandari selaku Direktur Sejarah pada Direktur Jenderal Kebudayaan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis sejarah merujuk kepada Peraturan Presiden no 87 tahun 2017. Hal ini bertujuan agar seorang guru dapat menyampaikan materi sejarah yang berdampak untuk dapat menguatkan pendidikan karakter anak-anak.

“Salah satu yang paling signifikan adalah pelajaran sejarah. Dan para guru merupakan garda terdepan untuk dapat menyampaikan pelajaran sejarah secara akurat dan menarik, yang dapat memberikan dampak positif kepada para peserta didik,” ujarnya.

Di Bangka Belitung, telah ditetapkan sebagai sekolah berbasis sejarah kepada dua Sekolah Menengah tingkat Pertama, yaitu SMP 1 Pangkalpinang, dan SMP 1 Muntok. “Sekolah berbasis sejarah ini belum ada di provinsi manapun,” imbuhnya.

Dengan ditetapkannya sekolah tersebut, maka dapat dijadikan pilot project dan diajukan menjadi proposal dengan persyaratan dan indikator agar sekolah tempat mengajar masing-masing daerah juga dijadikan berbasis sejarah.

Lebih jauh, Yanuar menjelaskan bahwa kegiatan Inti Bangsa yang akan dilangsungkan selama empat hari di Bangka Belitung ini meliputi; kunjungan kepada kedua sekolah berbasis sejarah di Pangkalpinang dan Muntok, melakukan lawatan ke tempat-tempat bersejarah dan destinasi wisata (Museum timah, wisma ranggam, wisma menumbing, masjid dan kelenteng).

Yanuar pun berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan memberikan inspirasi kepada para peserta selama mengikuti rangkaian acara.

Penulis & Foto : Khalimo

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved